sign up SIGN UP search


menyusui

Mudah Mengantuk dan Cepat Lelah Saat Menyusui, Ini 3 Penyebabnya Bun

Annisa Karnesyia Minggu, 11 Jul 2021 15:35 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Bunda sering mengantuk saat menyusui buah hati? Kondisi ini bisa terjadi ketika Bunda kelelahan mengurus anak ya.

Mengantuk saat menyusui memang tidak apa-apa. Namun, sebaiknya tetap terjaga agar kita bisa memastikan anak mendapatkan ASI yang cukup.

Kelelahan bisanya menjadi sumber utama Bunda mengantuk. Di bulan-bulan pertama menyusui, para Bunda sering kesulitan untuk mengatur waktu tidurnya.


Rasa kantuk yang timbul saat menyusui sebenarnya bisa diatasi. Selain tidur cukup, Bunda juga perlu aktif bergerak.

Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang bisa mengurangi rasa lelahnya hingga 65 persen dengan olahraga intensitas sedang, seperti jalan atau aerobik. Olahraga dapat meningkatkan energi serta suasana hati sehingga tidak mengantuk.

Jika Bunda mulai mengantuk saat menyusui buah hati, sebaiknya cari tahu penyebabnya ya. Nah, berikut telah HaiBunda rangkum 3 penyebabnya:

1. Kurang tidur

Bunda bisa mudah lelah dan mengantuk karena mengalami postpartum fatique (kelelahan setelah melahirkan). Kondisi ini juga muncul saat proses menyusui.

Studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal tahun 2018 menyatakan bahwa hampir 90 persen wanita yang melahirkan secara normal mengalami lelah selama periode postpartum. Sebanyak 11 persen terus mengalami kelelahan bahkan hingga tiga bulan setelah melahirkan.

Selama menyusui, Bunda setidaknya perlu tidur selama 5 sampai 6 jam tanpa gangguan. Cukup tidur dapat mengembalikan fungsi tubuh secara efektif.

2. Pola makan tidak dijaga dengan baik

Bunda membutuhkan kalori tambahan selama menyusui. Kalori ini bisa didapatkan dari makanan sehat, seperti daging, susu, sayuran, dan buah-buahan.

Konsumsi makanan tidak sehat bisa memengaruhi kondisi tubuh lho, Bunda. Makanan junk food yang mengandung tinggi gula dan lemak bisa membuat tubuh lemas dan selalu merasa mengantuk.

"Makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi tidak bernutrisi, Selain itu, makanan ini juga bisa membuat tubuh merasa lebih lelah," kata pakar laktasi Shruti Kanchan, dilansir Parenting Firstcry.

Baca halaman berikutnya untuk tahu penyebab lainnya ya, Bunda.

Simak juga 3 penyebab produksi ASI turun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

HORMON BISA SEBABKAN BUNDA MUDAH MENGANTUK SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi