sign up SIGN UP search


menyusui

3 Kunci Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami untuk Keberhasilan Menyusui

Annisa Karnesyia Selasa, 10 Aug 2021 12:15 WIB
Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Produksi ASI menurun saat menyusui buah hati, Bunda? Kondisi ini memang sering dialami para Bunda baik yang sudah pernah menyusui atau baru memiliki momongan.

Menurut konselor laktasi, F.B. Monika, keberhasilan menyusui bisa dipengaruhi oleh kepercayaan diri dan komitmen Bunda dalam mengASIhi Si Kecil. Setelah memiliki kedua hal itu, Bunda perlu memahami manajemen laktasi.

"Manajemen laktasi adalah usaha atau cara yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan menyusui. Menguasainya merupakan hak dan kewajiban ibu dan calon ibu," kata Monik dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.


Nah, calon Bunda dapat mempelajari manajemen laktasi ini sebagai bagian dari usaha mempersiapkan persalinan dan menyusui. Diharapkan nantinya komplikasi atau hal-hal yang bisa menghambat proses menyusui bisa dicegah.

Tanaman hias Janda BolongTanaman hias Janda Bolong/ Foto: Mia Kurnia Sari

Setelah bayi lahir, tantangan menyusui semakin terasa nih. Bunda bisa saja mengalami masalah dengan produksi ASI yang menurun. Nah, manajemen laktasi yang tepat pun dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini.

Bunda perlu ingat ya, produksi ASI didukung oleh permintaan dan persediaan. Semakin banyak ASI yang diminum bayi, semakin banyak ASI yang dihasilkan tubuh kita.

Kita perlu menanggapi kebutuhan bayi saat lapar dan ingin menyusu. Sebaliknya, kita tidak boleh memaksa bayi menyusu padahal dia tidak lapar.

Ada 3 kunci meningkatkan produksi ASI secara alami menurut La Leche League International nih. Simak penjelasannya berikut:

1. Lakukan kontak skin to skin dengan bayi

Bayi bisa diletakkan tegak di atas dada Bunda tanpa pakaian untuk melakukan kontak skin to skin. Tutupi bayi dengan selimut agar tak kedinginan selama proses ini ya. Pastikan jalan napasnya tidak tertutup saat dipeluk Bunda.

Lakukan skin to skin sesering mungkin ya. Carilah panduan tepat untuk melakukan prosedur ini agar manfaatnya bisa dirasakan Bunda dan buah hati.

Simak penjelasan lengkap tentang cara meningkatkan produksi ASI di halaman berikutnya.

Simak juga cara menyusui bayi baru lahir, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

KUNCI KEBERHASILAN MENYUSUI AGAR PRODUKSI ASI MENINGKAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!