sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Melancarkan ASI, Bisa Dimulai Sejak Hamil dan Sebelum Bekerja Bun

Annisa Karnesyia Senin, 09 Aug 2021 18:45 WIB
Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Menyusui merupakan proses penting dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak. Dalam ASI yang diberikan ke anak mengandung bermacam-macam nutrisi, Bunda.

Konselor Laktasi, dr.Ameetha Drupadi, CIMI, mengatakan bahwa menyusui juga memberikan manfaat luar biasa bagi sang Bunda. Menurutnya, menyusui setelah melahirkan bisa membantu mengurangi pendarahan pasca persalinan.

"Untuk bayi, tentu menyusui dapat memberikan semua nutrisi yang dibutuhkannya dan ASI itu tidak bisa tergantikan," kata Ameetha, dalam Live Instagram HaiBunda berjudul Peran Suami dalam ASI Eksklusif Bunda, belum lama ini.


"Pada ibu yang baru melahirkan dan bayi menyusu langsung ke payudara, dia kan merangsang kontraksi rahim ibu, sehingga akan mengurangi pendarahan pasca melahirkan," sambungnya.

Menyusui juga dapat membentuk ikatan batin antara Bunda dan buah hati. Dengan menyusui, Bunda akan menjadi lebih percaya diri karena merasa bisa merawat bayi dengan pengasuhan yang tepat.

Nah, keberhasilan menyusui juga tak akan lengkap tanpa adanya edukasi yang benar untuk para Bunda. Edukasi ini umumnya sudah bisa didapatkan ketika Bunda hamil atau menjelang persalinan ya.

Edukasi ke konsultan laktasi dapat dilakukan bersama support system, termasuk suami dan keluarga terdekat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah membuat panduan tentang tujuh kontak laktasi untuk mendukung menyusui.

Di setiap tahap kontak menyusui, Bunda diharapkan bisa ke konselor laktasi untuk mendapatkan edukasi ya. Berikut 7 kontak menyusui seperti dijelaskan oleh dokter Ameetha:

1. Usia kehamilan 28 minggu

Sejak hamil, Bunda disarankan untuk konsultasi ke konselor laktasi tentang manajemen menyusui setelah melahirkan dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Di masa ini, suami dan keluarga terdekat perlu mendampingi dan mendapatkan edukasi serupa untuk menjadi support system Bunda.

"Jadi dari mulai dari usia kehamilan 28 minggu atau 7 bulan, Bunda, Ayah, beserta keluarga, sebaiknya konsultasi ke konselor laktasi untuk mendapatkan edukasi," kata Ameetha.

Baca halaman berikutnya untuk tahu 7 kontak menyusui lainnya ya, Bunda.

Simak juga 5 ASI booster alami untuk para Bunda yang menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONTAK MENYUSUI DENGAN KONSELOR LAKTASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!