sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Awas Kebobolan! Simak Dulu Fakta ASI Sebagai KB Alami dari Pakarnya, Bun

Zika Zakiya Jumat, 06 Aug 2021 16:40 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

ASI (Air Susu Ibu) diketahui bisa menjadi alat kontrasepsi (KB) alami. Ini karena saat ASI tubuh Bunda memproduksi hormon prolaktin.

Hormon inilah yang menekan hormon estrogen, FSH (follicle stimulating hormone), dan LH (luteinizing hormone) --hormon penting dalam pematangan dan pelepasan sel telur (ovulasi) oleh ovarium. Ini juga yang menjadi penyebab selama ASI, Bunda tidak akan mengalami menstruasi. Dan, berakibat Bunda tidak bisa hamil.


Eits, tapi benarkah demikian? Karena nyatanya masih banyak Bunda yang 'kebobolan' pada saat menerapkan ASI sebagai KB alami. Jadi sebenarnya, benarkah ASI bisa mencegah kehamilan?

Lalu apa sebenarnya syarat ASI bisa menjadi KB alami yang optimal? Apakah ASI sebagai KB alami bisa hanya berlaku di satu rentang waktu tertentu?

Langsung saja bertanya ke ahlinya ya, Bun bersama Dr.Gorga I.V.W Udjung Sp.OG dari RSIA Bunda, Jakarta, dalam HaiBunda Live (IG Live), Selasa (10/08/2021) pukul 13.30 - 14.30 WIB. Tema yang akan kita bicarakan adalah 'Fakta ASI Sebagai KB Alami'.

Dicatat tanggal dan jam tayangnya ya, Bun. Dipersilakan juga untuk Bunda bertanya selama HaiBunda Live berlangsung.

Jangan sampai ketinggalan dan dapatkan jawaban yang selama ini Bunda cari mengenai ASI dan KB ya. Sampai ketemu di hari Selasa, Bun.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!