sign up SIGN UP search


menyusui

Inilah 2 Obat Pelancar ASI yang Paling Umum Dikonsumsi Busui

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 16 Aug 2021 12:30 WIB
Ibu menyusui minum obat caption

Jakarta - Selama masa menyusui, busui memang tidak boleh sembarangan ya mengonsumsi obat-obatan, termasuk saat ingin memperlancar produksi ASI.

Ya, problema terkait produksi ASI yang tidak lancar memang menjadi kendala umum yang dikeluhkan para busui. Alhasil, tak sedikit Bunda yang memilih jalan pintas untuk mengonsumsi obat pelancar ASI untuk meningkatkan produksi susu mereka.

Melansir Very Well Family, sebenarnya tidak ada obat yang tersedia secara khusus diproduksi untuk meningkatkan suplai ASI. Tetapi, memang ada obat resep yang dirancang untuk kondisi lain yang digunakan untuk tujuan tersebut.


Obat-obatan ini biasanya menyebabkan peningkatan kadar prolaktin, hormon yang bertanggung jawab untuk produksi ASI. Dengan mengonsumsinya dapat memiliki efek samping terhadap produksi ASI.

Meski demikian, obat-obatan tersebut bukanlah obat yang dapat dikonsumsi secara bebas ya, Bunda. Lagi-lagi, Bunda perlu mengonsumsinya di bawah pemantauan langsung dokter karena obat-obatan ini telah diresepkan untuk membantu menciptakan dan meningkatkan suplai ASI para Bunda yang menyusui.

Perlu diingat bahwa semua obat memiliki efek samping dan dapat berbahaya ya, Bunda. Jadi, jangan pernah memulai pengobatan apa pun tanpa terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter, terutama jika sedang hamil atau menyusui. Pastikan juga Bunda mengonsumsinya dengan dosis yang direkomendasikan dokter.

Berbicara mengenai obat pelancar ASI, ada dua obat umum yang digunakan sebagai galactogogues yakni metoclopramide dan domperidone. Dua obat ini biasanya menjadi obat yang direkomendasikan.

Metoclopramide merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut seperti refluks, mual, dan muntah. Ini merupakan obat yang paling umum digunakan untuk induksi laktasi dan meningkatkan pasokan ASI yang rendah.

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan selengkapnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang manfaat lain daun katuk selain sebagai pelancar ASI:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT PELANCAR ASI YANG AMAN DIKONSUMSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!