sign up SIGN UP search


menyusui

Si Kecil semakin Besar, Perlukah Bunda Kejar Tayang Stok ASI?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 30 Aug 2021 11:00 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta -  Seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil, kebutuhan akan ASI pastinya terus meningkat. Bunda pun mau tidak mau perlu harus 'kejar tayang' memenuhi kebutuhan ASI Si Kecil. Namun, apakah hal itu perlu?

Bayi memang sedianya membutuhkan banyak nutrisi untuk mengisi bahan bakar tubuh mereka yang sedang bertumbuh. ASI sebagai salah satu nutrisi utama bayi perlu dipersiapkan secara maksimal agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh Si Kecil.

Sering kali nih, banyak Bunda menyusui yang merasa kesulitan memenuhi produksi ASI secara maksimal. Padahal, kebutuhan ASI Si Kecil terus berjalan dan Bunda pun sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan produksi ASI. Namun, hasil yang didapatkan sering kali tak sesuai ekspektasi.


Jika Bunda berada pada kondisi tersebut, jangan dulu berkecil hati ya, Bunda. Tahukah Bunda? ketika menyusui secara eksklusif dan bayi berada pada target kenaikan berat badan yang sehat, suplai ASI Bunda sebenarnya baik-baik saja dan tidak perlu meningkatkan produksi ASI secara berlebihan.

Hanya saja, Bunda perlu memerhatikan agar suplai ASI Bunda tetap terjaga dengan baik. Salah satu caranya yakni Bunda hanya perlu menyusui setiap kali bayi lapar dan tubuh secara alami akan mengurus kekurangannya.

"Pasokan ASI didorong oleh hormon dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan,"ujar Stephanie Nguyen, RN, IBCLC, konsultan laktasi dan Founder Modern Milk, di Arizona, seperti dikutip dari laman The Bump.

Nguyen melanjutkan saat Bunda menyusui, saraf di payudara Bunda juga mengingatkan otak untuk melepaskan prolaktin, hormon yang berada di balik produksi ASI.

"Orang tua baru sering tidak tahu berapa banyak bayi mereka harus makan dan cenderung berpikir bahwa mereka membutuhkan lebih dari yang sebenarnya mereka butuhkan," ujar Katie Page, bidan di Lynchburg, Virginia. 

Tak ayal, kebingungan itu pun membuat banyak Bunda berpikir kalau mereka memiliki persediaan ASI yang rendah. Padahal, sebenarnya mereka baik-baik saja dan pasokan ASI mencukupi kebutuhan buah hatinya.

Untuk tetap menjaga situasi kondusif selama menyusui, Bunda pun diharapkan tetap berpikir positif dan menjaga asupan dengan baik agar pasokan ASI tetap maksimal.

Dan, perlu Bunda sadari bahwa pasokan ASI yang rendah biasanya merupakan situasi sementara yang akan membaik dengan dukungan dan manajemen menyusui yang tepat, seperti dikutip dari laman Pregnancybirthbaby.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 5 kelompok makanan yang wajib dikonsumsi busui karena enak banget:

[Gambas:Video Haibunda]



SIMAK 4 CARA MEMPERBANYAK ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!