sign up SIGN UP search


menyusui

Obat Puting Lecet Paling Efektif, Coba Pakai Larutan Garam Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 15 Aug 2021 09:20 WIB
Mother and newborn baby boy are indoors in bedroom. Mother is breastfeeding her son while lying in bed. caption

Jakarta - Sebagai pejuang ASI, urusan puting lecet rasanya sudah menjadi sebuah risiko. Hampir semua busui tentu pernah merasakannya, baik itu saat menyusui bayi perempuan maupun laki-laki. 

Tidak sedikit pula para Bunda yang merasa kebingungan dan kehabisan cara bagaimana mencegah dan mengobati puting yang lecet. Apa pun upayanya sebagian Bunda menyusui pasti pernah merasakan kondisi puting lecet dan rasa nyerinya saat harus diisap Si Kecil. 

Meskipun sebagian besar mengalami lecet yang tidak serius, jika dibiarkan berlarut-larut puting lecet bisa menjadi infeksi ya, Bunda. Duh, kondisi itu tentu sangat tidak nyaman karena proses menyusui harus tetap berlangsung.


Untuk itu, Bunda perlu mencari obat puting lecet agar permasalahan klasik para busui ini bisa teratasi. Seorang konselor laktasi di New York, Pat Sterner, mengatakan bahwa seiring dengan waktu, Bunda hanya perlu melakukan penyesuaian kecil dalam teknik atau gaya menyusui yang selaras dengan tubuh dan bayi Bunda secara sempurna.

"Menyusui seharusnya dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi ibu dan bayi. Jika tidak, penting untuk mengidentifikasi masalah sejak dini dan membuat perubahan yang diperlukan," ujarnya seperti dikutip dari laman WebMD.

Sterner menambahkan banyak busui menemukan bahwa putingnya tidak hanya terasa sakit setelah menyusui, tetapi juga berubah menjadi merah dan kasar. Semua indikasi tersebut menunjukkan bahwa Bunda tidak menyusui dengan benar.

Proses pelekatan, sambung Sterner, merupakan cara yang perlu diperhatikan agar bayi dapat terhubung ke payudara dengan baik. Bila dilakukan dengan benar, bayi akan membuka mulutnya sangat lebar dan mengambil banyak jaringan payudara. Ini artinya bahwa puting Bunda berada jauh di belakang mulut bayi tempat langit-langit keras dan lunak bertemu.

"Ketika puting berada jauh di belakang sana, tidak ada yang terjepit. Jadi, seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit pada puting sama sekali," tambahnya.

Klik halaman selanjutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 7 penyebab puting menjadi gatal di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT PUTING LECET ALAMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!