sign up SIGN UP search


menyusui

Inilah 2 Obat Pelancar ASI yang Paling Umum Dikonsumsi Busui

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 16 Aug 2021 12:30 WIB
OBAT PELANCAR ASI YANG AMAN DIKONSUMSI
Ibu Menyusui caption

Hasilnya biasanya dapat terlihat dalam beberapa hari dan biasanya akan bertahan selama pengobatan dilanjutkan. Pasokan ASI sering berkurang lagi setelah obat tidak lagi diminum. 

Meroclopramide juga memiliki efek samping saat dikonsumsi ya, Bunda. Di antaranya kantuk, sakit kepala, atau gelisah. Selain itu, metoclopramide juga tidak boleh dikonsumsi lebih dari 12 minggu dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang menderita depresi, gangguan kejang, asma atau tekanan darah tinggi.

Kemudian, obat berikutnya yakni domperidone. Seperti halnya metoclopramide, obat ini juga digunakan untuk mengobati masalah lambung. Domperidone diyakini lebih aman daripada metoclopramide, dengan efek samping yang lebih sedikit untuk busui.


Selain itu, domperidone juga dianggap aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Efek samping seperti sakit kepala, kram perut, dan mulut kering dapat terjadi tetapi cenderung jarang terjadi.

Memang ya, Bunda, walaupun sama-sama diklaim aman tentu saja melakukan langkah alami dalam meningkatkan produksi ASI lebih direkomendasikan. Selain aman untuk kesehatan Bunda, tentunya juga demi keamanan buah hati.

"Untuk mengelola permasalahan menyusui, sebaiknya busui mencari bantuan dari ahli laktasi dan kelompok pendukung lainnya di komunitasnya guna membantu meringankan banyak masalah yang dihadapinya,"ujar Nadine Rosenblum, R.N, I.B.C.L.C, seperti dikutip dari laman Hopkinsmedicine.

Selain itu, Rosenblum juga memberikan tips sukses menyusui. Di antaranya luangkan waktu untuk lebih lekat dengan buah hati. Karena, pada dasarnya menghabiskan waktu lebih banyak dengan bayi akan semakin mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhannya dan memastikan proses menyusui berjalan maksimal.

Kemudian, dapatkan informasi yang tepat dari para ahli. Pakar laktasi dalam hal ini dapat mengarahkan Bunda pada informasi yang lebih baik dan memberikan bantuan langsung yang membuat masalah Bunda teratasi.

Serta, carilah kelompok atau komunitas yang mendukung para Bunda menyusui. Dari komunitas tersebut, tentu akan ada banyak sharing cerita dan Bunda dapat mempelajari pengalaman busui lainnya. Bunda juga bisa berlatih menyusui dengan nyaman.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!