sign up SIGN UP search


menyusui

Apakah Ibuprofen Aman untuk Obat Penurun Panas Ibu Menyusui?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 17 Aug 2021 14:54 WIB
menyusui caption

Jakarta - Jadwal menyusui kerap menguras energi ya, Bunda, karena sering membuat kita begadang pada malam hari. Tak heran, banyak ibu menyusui yang kondisinya drop karena kelelahan di awal kelahiran Si Kecil.

Itu sebabnya, wajar saja kalau ibu menyusui (busui) sering terserang flu, batuk, badannya panas, dan sakit kepala. Ditambah jadwal tidur yang kurang dan tidak teratur, membuat kondisi ini cepat memburuk kalau tidak segera diantisipasi.

Meskipun sederhana seperti tubuh meriang atau panas, tetapi hal ini memang perlu perhatian khusus ya, Bunda. Apalagi, saat menyusui memang tidak bisa sembarangan Bunda mengonsumsi obat penurun panas


Berbicara mengenai obat penurun panas ibu menyusui, Dr Prerna More Patel, seorang ginekolog menjelaskan bahwa sebaiknya Bunda yang menyusui segera mengambil tindakan pencegahan sebelum mengonsumsi obat.

"Meskipun ini tidak berarti bahwa Bunda tidak dapat mengonsumsi obat sama sekali, tetapi lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang aman dan apa yang tidak," katanya, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Sedangkan menurut sebuah ulasan di Healthline, idealnya Bunda yang menyusui memang tidak diperkenankan mengonsumsi obat apa pun. Tetapi, ketika situasi tidak memungkinkan seperti terkena demam, nyeri, atau peradangan, ibuprofen dianggap aman untuk ibu menyusui dan bayi.

Seperti halnya banyak obat-obatan lainnya, pereda nyeri yang dikonsumsi dapat ditransfer ke bayi melalui ASI Bunda. Namun, penelitian menunjukkan jumlah yang dikeluarkan sangat rendah dan obatnya menimbulkan risiko yang sangat kecil bagi  bayi.

Bunda yang sedang menyusui dapat mengonsumsi ibuprofen hingga dosis maksimum harian selama tidak menimbulkan efek samping  pada Bunda dan bayi. Ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter ataupun apoteker mengenai dosis yang dikonsumsi sebelum meminumnya. Sehingga, Bunda akan lebih tenang mendapatkan obat yang memang dalam pengawasan dokter.

Informasi lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak manfaat air kepala untuk busui dalam artikel di bawah ini yuk!

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT PENURUN PANAS YANG AMAN UNTUK BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!