parenting

Bunda Perlu Tahu, Sering Digendong Nggak Bikin Bayi 'Bau Tangan' Kok

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 14 Jun 2017 11:05 WIB
Bunda Perlu Tahu, Sering Digendong Nggak Bikin Bayi 'Bau Tangan' Kok
Jakarta - Bayi jangan sering digendong, nanti 'bau tangan' alias bakal rewel kalau ditaruh di kasur dan maunya digendong terus. Ungkapan-ungkapan kayak gitu masih sering banget Bun mampir di telinga saya. Gimana kalau Bunda? Masih sering juga dengar 'kepercayaan' itu?

Sepupu saya, sering banget ngomong gitu kalau saya lagi pengen banget gendong anaknya waktu umur 1-3 bulanan. Kan gemes ya Bun! Tapi apa daya, kalau bunda-nya nggak ngizinin ya sudah saya nggak nggendong dia deh. 'Nanti bau tangan'. Kalimat itu yang diucapkan sepupu saya.

Padahal ya Bun, anggapan sering menggendong bayi bisa manjain si kecil dan bikin dia 'bau tangan' cuma mitos. Faktanya, Bunda sama Ayah nggak perlu takut sering gendong bayi terutama waktu dia nangis. Soalnya Bun, dengan Bunda dan Ayah nggendong bayi, secara nggak langsung ngasih tahu ke bayi kalau 'Kamu nggak perlu khawatir, Nak. Ada ayah sama bunda yang selalu ada untuk jaga dan menyayangi kamu'.


Menggendong bayi juga bisa membantu bayi belajar menenangkan diri di situasi yang bikin dia nggak nyaman lho. Nah, apa sih pentingnya menggendong bayi? Dikutip dari buku 'Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun' yang disusun tim Tiga Generasi, menggendong bayi penting karena:

1. Bisa memperkuat hubungan antara orang tua dan bayi
2. Menenangkan bayi
3. Membuat bayi merasa dirinya berharga dan diperhatikan

Bunda Perlu Tahu, Sering Digendong Nggak Bikin Bayi 'Bau Tangan' KokBunda Perlu Tahu, Sering Digendong Nggak Bikin Bayi 'Bau Tangan' Kok/ Foto: dok.HaiBunda


"Melalui menggendong, orang tua membangun serta menguatkan ikatan emosional yang menjadi dasar hubungan dengan bayi pada tahap perkembangan selanjutnya," kata tim penulis. Bunda juga mesti tahu, bayi itu butuh sentuhan lho Bun. Jadi, nggak sekadar Bunda sama Ayah aja yang saling butuh sentuhan, si kecil juga lho, hi hi hi.

Bayi butuh sentuhan karena seperti apa yang dirasakan orang dewasa, sentuhan bisa memberi rasa nyaman untuk bayi. Nah, kalau bayi itu merasa nyaman, otaknya bisa menyerap informasi dengan lebih optimal. Sentuhan ini bisa Bunda berikan ke si kecil lewat usapan lembut di berbagai kegiatan sehari-hari.

Contohnya nih Bun, waktu anak menyusu, mau tidur, mandi, dan ganti pakaian, Bunda bisa beri sentuhan lembut ke si kecil ya. Mulai sekarang, jangan segan untuk sering nggendong si kecil ya Bun. Tenang, itu nggak akan bikin bayi 'bau tangan' kok, apalagi 'bau jempol' kayak istilah bau tangan yang dipakai sepupu saya.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi