sign up SIGN UP search


menyusui

Keamanan Vaksin AstraZeneca untuk Bunda Menyusui dalam Menangkal COVID-19

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 21 Aug 2021 11:10 WIB
Mid adult Caucasian woman smiles as she prepares to get a shot from a nurse or pharmacist. Pharmacist is mid adult Caucasian woman who is wearing gloves and using a syringe to give vaccine for flu to customer. caption
Jakarta -

Ibu menyusui masuk dalam kelompok yang sangat dianjurkan untuk menerima vaksin COVID-19. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam ASI ibu menyusui yang sudah mendapat vaksinasi ada kadar antibodi COVID-19 untuk bayi yang sedang disusuinya.

Namun, apakah saat ini Bunda sedang galau untuk memilih vaksin COVID-19? Beberapa Bunda menyusui mengaku ragu-ragu atau tidak yakin untuk mendapatkan suntikan vaksin AstraZeneca.

Cara kerja vaksin AstraZeneca yaitu dengan memasukkan bagian-bagian sel inti Adenovirus. Virus ini merupakan salah satu penyebab sakit flu dan berbeda dari virus Corona, Bunda.


Dijelaskan dr. Ilham Utama Surya, SpOG dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, inti genetik COVID-19 dimasukkan ke dalam Adenovirus, lalu dimasukkan ke dalam tubuh. Adenovirus adalah virus hidup yang lemah, yang akan menimbulkan influenza ringan sehingga sifatnya aman ketika dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

"Efek pemberian vaksin diharapkan sistem di tubuh mengenali virus yang mirip, namun dengan materi genetik yang berat. Terutama untuk mengenali protein tajam dan komponen lain COVID-19 yang bisa memperberat gejala dan membuat paru-paru rusak. Tenang, Bunda, vaksin ini juga aman untuk para ibu hamil," tutur Ilham pada HaiBunda belum lama ini.

Vaksin AstraZeneca memiliki kemanjuran atau efektivitas 66,7 persen dalam melindungi tubuh Bunda menyusui melawan COVID-19. Jadi,tidak perlu ragu ya, Bunda, karena vaksin AztraZeneca dipastikan sangat aman dan akan membuat kandungan ASI membentuk antibodi yang justru berguna untuk Si Kecil.

Selain itu, baru-baru ini Sophie Hill, seorang Bunda berusia 40 tahun yang tinggal di Sidney membagikan pengalamannya mendapatkan vaksin AstraZenenca.

"Saya ingin mendapatkan vaksin bukan saja hanya untuk melindungi diri saya sendiri, tetapi juga keluarga saya. Saya menyusui anak saya yang berusia 12 bulan dan hanya ingin mengikuti apa saran dokter," ungkap Bunda berusia 22 tahun itu dikutip dari ABC Net.

Di Australia sendiri, vaksin Pfizer banyak direkomendasikan untuk ibu menyusui. Tetapi sayangnya, banyak juga negara bagian tidak memenuhi syarat di mana Pfizer dibatasi untuk orang berusia di atas 40 tahun.

Lalu, apakah vaksin AstraZeneca dianjurkan untuk ibu menyusui? Simak di halaman selanjutnya!

Bagi ibu hamil, cek informasi mengenai vaksin di sini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



KEAMANAN VAKSIN ASTRAZENECA UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!