sign up SIGN UP search

menyusui

Ibu Menyusui Mau Vaksin Booster Moderna? Baca Info Selengkapnya Dulu Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 15 Apr 2022 11:20 WIB
Female patient with protective face mask waiting for vaccination, doctor in surgical gloves disinfecting her arm caption

Jakarta - Vaksin booster COVID-19 memang sangat penting didapatkan ya, Bunda, tak terkecuali ibu menyusui. Hal ini dimaksudkan untuk  menurunkan risiko munculnya gejala berat dan komplikasi akibat COVID-19. Apalagi, setelah enam bulan penyuntikan dosis lengkap, penurunan antibodi akan terjadi nih.

Hingga saat ini, sudah banyak pilihan vaksin booster yang aman untuk ibu menyusui. Di Indonesia sendiri, beberapa vaksin yang sudah mendapatkan izin dari BPOM sebagai booster yakni Pfizer, Sinovac-Coronavac, AstraZeneca, Moderna, Zifivax, dan Janssen. 

Ibu menyusui pun bisa mendapatkan vaksin booster tersebut sesuai dengan dosis primer yang didapatkannya menyesuaikan dengan arahan Kemenkes. Karena, memang  tidak ada rekomendasi merek vaksin booster khusus untuk busui, Bunda.


Dr Charles, M.Sc, Sp.A dari RSU Andhika Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan bahwa memang semua vaksin yang tersedia di Indonesia dan sudah melalui persetujuan BPOM bisa digunakan. 

Mengenai aturan vaksin booster untuk ibu menyusui, Bunda dapat menyesuaikannya dengan tabel-tabel yang sudah beredar dan sesuai arahan Kemenkes, Bunda.

Seperti diketahui, pemberian dosis booster dilakukan melalui dua mekanisme antara lain Homolog, yaitu pemberian dosis booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya. 

Peraturan vaksin booster kini ada yang terbaru. Pemerintah telah menerbitkan sejumlah aturan baru terkait vaksinasi booster, khususnya selama bulan Ramadan.Vaksin booster Moderna untuk ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/SilverV

Sementara Heterolog, yaitu pemberian dosis booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Regimen dosis booster yang dapat diberikan yaitu jika vaksin primer Sinovac, maka vaksin booster bisa menggunakan 3 jenis vaksin antara lain AstraZeneca separuh dosis (0,25 ml), Pfizer separuh dosis (0,15 ml), dan Moderna dosis penuh (0,5 ml).

Vaksin primernya AstraZeneca maka boosternya bisa menggunakan vaksin Moderna separuh dosis (0,25 ml), vaksin Pfizer separuh dosis (0,15 ml), dan vaksin AstraZeneca dosis penuh (0,5 ml).

Vaksin primer Pfizer, untuk booster bisa menggunakan vaksin Pfizer dosis penuh (0,3 ml), Moderna separuh dosis (0,25 ml), dan AstraZeneca dosis penuh (0,5 ml).

Vaksin primer Moderna, booster dengan menggunakan vaksin yang sama separuh dosis (0,25 ml). Kemudian vaksin primer Janssen (J&J), maka untuk booster dengan menggunakan Moderna separuh dosis (0,25 ml).

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi lebih lengkap.

Pelajari juga yuk, Bunda, efek vaksin untuk ibu menyusui dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



VAKSIN BOOSTER MODERNA UNTUK IBU MENYUSUI? INTIP INFONYA DULU, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!