sign up SIGN UP search


menyusui

Keamanan Vaksin AstraZeneca untuk Bunda Menyusui dalam Menangkal COVID-19

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 21 Aug 2021 11:10 WIB
KEAMANAN VAKSIN ASTRAZENECA UNTUK IBU MENYUSUI
Immunization and vaccination for flu shot, influenza, HPV or Covid-19 prevention with young child girl having vaccine injection for World immunization week and International HPV awareness day caption

Ibu menyusui dianggap memiliki risiko lebih kecil dibanding ibu hamil, yang jika terinfeksi COVID-19 akan menunjukkan gejala lebih parah. Sehingga ibu menyusui tidak masuk dalam kelompok prioritas. 

Royal Australian College of Obstetrics and Gynecologist (RANZCOG), kini telah membantu mengatasi ketidakpastian mengenai kesimpangsiuran informasi keamanan vaksin AstraZeneca untuk ibu menyusui dan bayinya. Pihaknya mengklarifikasi bahwa vaksin AstraZeneca dapat diberikan pada wanita menyusui.

"Vaksin Pfizer, Moderna, atau AztraZeneca dianggap aman," demikian pernyataan pedoman vaksin COVID-19 RANSCOG.


"mRNA dalam Pfizer atau Moderna dengan cepat dipecah di dalam tubuh dan tampaknya tidak masuk dalam ASI. Vektor virus di AstraZeneca tidak dapat menyebabkan infeksi."

Karen Price, presiden Royal Australian College of General Practitioners (RACGP), mengatakan bahwa rekomendasi pemberian Pfizer saat ini didasarkan pada faktor risiko terkait usia penerima vaksin jika dibandingkan jika menerima AstraZeneca. Jadi, bukan karena vaksin AstraZeneca dianggap tidak aman untuk diberikan pada Bunda menyusui dan bayinya.

"Jika Bunda menyusui berada dalam situasi di mana mereka tidak bisa mendapatkan vaksin Pfizer, maka mereka bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan AstraZeneda," saran Price.

Hal ini sama dengan rekomendasi badan kesehatan dunia, WHO, yang mengatakan bahwa vaksinasi AstraZeneca pada Bunda menyusui sama halnya seperti pada orang dewasa lainnya.

Semoga informasinya membantu ya!

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!