sign up SIGN UP search


menyusui

Mana yang Lebih Aman saat Busui Positif COVID-19, Sufor atau Tetap ASI?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 24 Aug 2021 14:06 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption

Jakarta - Kondisi pandemi COVID-19 yang hingga kini masih berlangsung memang mendatangkan banyak tantangan ya bagi semua orang, ya Bunda. Mulai dari anak-anak hingga lansia, tak terkecuali ibu menyusui, semua harus berusaha tetap sehat di tengah gempuran virus Corona.  

Ibu menyusui pun harus berusaha agar buah hati mereka tetap mendapatkan nutrisi meski sang ibu tengah positif COVID-19.

Karena rasa kekhawatiran yang besar akan keselamatan bayinya, beberapa ibu menyusui akhirnya memilih untuk memberikan susu formula supaya Si Kecil tidak ikut terpapar. Keputusan itu dirasa lebih aman ketimbang bayi harus menyusu langsung atau dengan meminum ASI perah dari ibu yang positif COVID-19. Namun, apakah itu memang yang terbaik?


Melansir WebMd, sebuah studi baru memberikan kepastian bahwa ibu yang terinfeksi COVID-9 dapat menyusui bayinya dengan aman. Studi terhadap 55 bayi yang lahir dari ibu dengan COVID- 19 menemukan bahwa tidak ada yang tertular virus meskipun sebagian besar mulai mendapatkan ASI di rumah sakit.

Para peneliti mengatakan temuan itu mendukung rekomendasi dari otoritas kesehatan masyarakat. WHO mengatakan bahwa ibu yang diduga atau terkonfirmasi COVID-19 pun dapat terus menyusui.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengatakan ASI tidak berpotensi menularkan COVID-19. Maka itu, ibu yang terinfeksi tetap dapat menyusui selama tetap patuh pada protokol kesehatan. 

Bahkan, sejak ditemukan bahwa antibodi dari vaksin bisa mengalir dalam ASI, banyak Bunda yang menjadi lebih rajin menyusui. Tujuannya, agar ASI yang mengandung antibodi dari vaksin tersebut bisa mengalir juga ke tubuh Si Kecil sehingga ia akan lebih terlindungi dari risiko terpapar COVID-19.

"Jika Bunda mencuci tangan dan memakai masker, tidak ada alasan Bunda tidak bisa tetap menyusui," kata Dr Marcel Yotebieng, seorang profesor di Albert Einstein College of Medicine di New York. Dengan acuan tersebut, tentunya Bunda pun dapat terus menyusui karena penularan melalui ASI sangat mungkin tidak terjadi. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 cara atasi stres akibat COVID-19 untuk busui di bawah ini ya?

[Gambas:Video Haibunda]



BERI SUFOR ATAU TETAP ASI SAAT IBU POSITIF COVID-19?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!