sign up SIGN UP search


menyusui

Vaksin COVID-19 Punya Efek Samping untuk Ibu Menyusui? Ringan kok Bun

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 28 Aug 2021 15:06 WIB
EFEK SAMPING VAKSIN COVID-19 PADA IBU MENYUSUI
Ibu Menyusui caption

Menurut Henry C Lee, MD, Profesor Anak dan anggota Lansinoh Clinical Advisory Network, penelitian yang ada menunjukkan bahwa ibu menyusui tidak mengalami efek samping berlebihan jika dibanding yang lain. 

"Semakin banyak orang yang divaksinasi, akan ada pelacakan lebih lanjut dari setiap potensi dan efek samping yang merugikan," tambahnya.

Dr Rankins juga mengatakan bahwa dengan vaksin, ibu menyusui menerima risiko efek samping yang sejauh ini diketahui minimal. Tanpa vaksin, ibu menyusui malah menerima risiko terkena COVID-19 yang diketahui berpotensi merusak kesehatan tubuh.


Dalam sebuah studi pada Juli 2021 yang dilakukan di University of California, San Fransisco,  para peneliti mengumpulkan 13 sampel ASI dari tujuh ibu menyusui, hingga 48 jam setelah mereka menerima vaksin Pfizer atau Moderna.

Hasil menunjukkan bahwa mRNA terkait vaksin tidak terdeteksi dalam sampel. Hasil ini menunjukkan bukti awal bahwa mRNA terkait vaksin tidak ditransfer ke bayi dan bahwa ibu menyusui yang menerima vaksin berbasis mRNA covid-19 tidak boleh berhenti menyusui.

Sehingga, mendapatkan vaksin akan lebih bermanfaat untuk busui ketimbang risikonya bila tidak menerima vaksin. Dengan mendapatkan vaksin, ibu menyusui akan mendapatkan perlindungan dari penularan COVID-19 atau penyakit yang lebih ringan sehingga mereka dapat terus merawat bayinya.

Terlebih lagi, ditemukan pula fakta bahwa bahwa antibodi yang dihasilkan ibu akan melewati ASI sehingga dapat juga tersalurkan ke tubuh Si Kecil. Laporan terbaru menunjukkan ibu menyusui.

Seperti dikutip dari laman NHSinform, sejalan dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Komite Bersama untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI), ibu menyusui bisa menerima vaksin yang sesuai dengan kondisinya.  Semoga informasinya membantu, Bunda.

 

 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!