sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Pijat Laktasi, Ternyata Bisa Bikin ASI Lebih Sehat Lho

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 07 Sep 2021 13:21 WIB
mother kissing his baby girl . caption

Jakarta - Kekhawatiran payudara kendur karena menyusui kini tak perlu dirisaukan lagi, Bunda. Tahukah Bunda, ternyata dengan melakukan pijat laktasi permasalahan tersebut bisa diminimalisir lho.

Ya, dengan mempraktikkan pijat laktasi tentunya Bunda tak perlu takut lagi menyusui ya. Apalagi, menyusui memiliki sejuta manfaat baik untuk Bunda dan juga bayi. Meski penerapannya tidaklah selalu mudah dan memunculkan tantangan serta permasalahan, urusan menyusui tetap harus menjadi prioritas demi pertumbuhan Si Kecil.

Kalaupun muncul satu dua permasalahan seperti suplai ASi yang minim, payudara bengkak, atau masalah pelekatan yang masih belum pas, itu menjadi hal yang wajar kok, Bunda. Seiring dengan waktu, semua masalah tersebut akan terselesaikan perlahan-lahan.


"Dalam kasus di mana Bunda yang menyusui sering menderita saluran tersumbat atau sering mengalami mastitis, maka pijat laktasi sangat bermanfaat," ujar Natasha Chinn, FACOG, M.D, seorang obgyn yang berpraktik di New Jersey, seperti dikutip dari laman Parents.

Dr Chinn mencatat bahwa memijat saluran yang tersumbat atau bagian lain dari payudara yang mengeras dapat menghilangkan rasa sakit dan membantu melonggarkan sumbatan dengan memecah ASI di area payudara yang bengkak.

Infografis pijat laktasiInfografis pijat laktasi/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Melansir Parenting First Cry, pijat laktasi sering dilakukan setelah Bunda melahirkan dan mengalami pembengkakan pada payudara. Teknik pemijatannya sama dengan pemijatan payudara biasa namun memiliki manfaat besar bagi Bunda yang menyusui. 

Berikut ini beberapa manfaat super pijat laktasi yang perlu Bunda tahu ya:

1. ASI lebih sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan pada Bunda yang menyusui menunjukkan bahwa Bunda yang menerima pijatan selama tiga puluh menit dua kali sehari mengalami penurunan kadar natrium dalam ASI mereka. Ada juga peningkatan kadar lipid, solid, dan casein. Satu-satunya hal yang tak menunjukkan tanda-tanda perubahan ialah kandungan laktosa dalam ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda untuk menyimak manfaat pijat laktasi lainnya!

Bunda, simak juga yuk perawatan untuk ibu menyusui pasca melahirkan seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KURANGI RASA SAKIT DAN BUAT ALIRAN ASI LEBIH BAIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!