sign up SIGN UP search


menyusui

6 Langkah Pijat Laktasi, Melancarkan ASI hingga Cegah Payudara Kendur

Ratih Wulan Pinandu   |   Haibunda Rabu, 25 May 2022 19:02 WIB
Pijat laktasi caption
Jakarta -

Bunda galau karena belakangan ASI seret dan bikin bayi jadi rewel? Coba atasi dengan pijat laktasi terlebih dahulu yuk.

Bagi sebagian ibu menyusui, pijat laktasi tentu bukan hal baru untuk diketahui. Bunda bisa mencobanya sendiri di rumah meski tanpa bantuan seorang profesional lho.

Pijat laktasi merupakan hal sederhana yang bisa Bunda menyusui lakukan sendiri dengan sedikit bimbingan, baik itu dari pakar, literasi online, maupun dari video.


Apa sih pijat laktasi?

Selama ini, pijat laktasi lebih sering dilakukan para Bunda usai melahirkan dan mengalami pembengkakan payudara. Teknik memijatnya pun sama dengan pemijatan payudara biasa, namun bedanya memiliki segudang manfaat untuk busui.

Manfaat pijat laktasi

Pijat payudara baik untuk alasan kesehatan, tak terkecuali untuk busui. Manfaatnya bisa dirasakan untuk merawat otot yang sakit hingga dapat dengan mudah mengidentifikasi tumor payudara. Itu sebabnya pijat payudara ini sebenarnya harus masuk ke dalam rutinitas harian kita, Bunda.

"Untuk seorang ibu menyusui tanpa kesulitan, tidak terlalu penting untuk melakukan pijat laktasi," kata Natasha Chinn, FACOG, MD, seorang Obgyn yang berpraktik di New Jersey.

"Namun, dalam kasus sering menderita saluran ASI tersumbar atau mastitis yang sering maka pijat laktasi mungkin berguna," lanjut Chinn dilansir Parents.

Infografis pijat laktasiInfografis pijat laktasi/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Sedangkan untuk ibu menyusui, berikut sederet manfaat pijat laktasi melansir dari Parenting Firscry:

1. ASI lebih sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan pada ibu menyusui menunjukkan bahwa Bunda yang menerima pijatan selama 30 menit dua kali sehari mengalami penurunan kadar natrium dalam ASI mereka.

Ada juga peningkatan kadar lipid, padatan, energi kotor dan kasein. Satu-satunya hal yang tidak menunjukkan tanda-tanda perubahan adalah kandungan laktosa dalam ASI.

2. Mengurangi rasa sakit

Dalam penelitian yang saja juga terungkap bahwa ibu menyusui yang sering melakukan pijat laktasi lebih sedikit mengalami rasa sakit saat menyusui.

Selain itu, bayi juga akan mengonsumsi lebih banyak ASI karena produksi ASI sang bunda lebih banyak. Pijat laktasi dapat mengatasi penyumbatan saluran dan payudara yang keras pun akan mengendur.

Jadi, pijat akan membantu semuanya mengalir dengan lancar dan juga meredakan rasa sakit akibat saluran tersumbat.

3. Aliran ASI lebih baik

Penelitian telah menunjukkan bahwa pijatan saat menyusui bekerja dengan baik untuk mengosongkan saluran susu yang tersumbat dan merangsang lebih banyak lagi produksi ASI.

Pijat laktasi yang baik dapat membantu memproduksi oksitosin yang membantu mengendurkan otot-otot saluran ASI.

4. Pelekatan lebih baik

Bayi yang susah melakukan pelekatan dengan baik pada puting payudara yang terlalu keras. Pijat puting susu untuk membantu melembutkan payudara dan memastikan bayi bisa menyusu dengan baik.

5. Mencegah payudara kendur dan stretch mark

Menyusui tentu akan memengaruhi payudara ya, Bunda. Saat payudara membesar karena menyusui, Bunda bisa mendapatkan stretch mark di area dada nih.

Untuk mencegah hal itu, pijat laktasi dengan menggunakan minyak zaitun, kelapa, atau almond dapat membantu mengatasinya.

Pijatan lembut akan membantu darah bersirkulasi, dan minyak yang Bunda gunakan akan menjaga area payudara tetap lembab.

Simak cara melakukan pijat laktasi di rumah di halaman selanjutnya yuk!

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Ini dia, 5 titik pijat laktasi agar menyusui semakin lancar:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MELAKUKAN PIJAT LAKTASI DI RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!