sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Memijat Payudara Tanpa Rasa Nyeri agar ASI Lancar, Bisa Dilakukan Sendiri Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 07:11 WIB
Pijat payudara agar ASI melimpah caption

Jakarta - Saat menyusui, payudara yang bekerja ekstra setiap hari juga perlu dimanjakan ya, Bunda. Yuk, simak cara pijat payudara agar bisa melakukannya sendiri di rumah, Bunda.

Memijat payudara saat menyusui memang memiliki banyak manfaat. Seperti memijat bagian tubuh lainnya, memijat payudara memberikan efek relaksasi. Bagi ibu menyusui, pijat payudara juga memberikan ketenangan serta memberikan sirkulasi darah yang lebih baik ke payudara.

Tak hanya itu, pijatan lembut juga dapat meningkatkan suplai ASI. Serta, pijat payudara dapat membantu menghangatkan dan mengendurkan jaringan di sekitar saluran susu payudara dan membantu aliran ASI, seperti dikutip dari laman Flo.


"Pijat puting juga bermanfaat bagi ibu menyusui yang memiliki puting datar karena dapat membantu puting menonjol dan memudahkan bayi untuk menyusu,"ujar Olga Adereyco, MD, Primary Care Physician dan Medical Consultant.

Oh ya, Bunda, pijat payudara juga dapat dilakukan kapan saja baik siang ataupun malam. Namun, jika ingin meningkatkan produksi ASI, disarankan memijat payudara sekitar 15-30 menit sebelum waktu menyusui. Hal ini diketahui dapat membantu menjaga produksi ASI dengan maksimal.

Banner Resep Budget Rp30 RibuResep Budget Rp30 Ribu/ Foto: Annisa Shofia

Mengenai cara pijat payudara, sedianya hal ini memang sangatlah mudah dilakukan ya, Bunda. Bunda hanya perlu banyak berlatih agar semakin luwes saat melakukannya sendiri di rumah. Bunda juga dapat mempraktikkannya sendiri di rumah agar lebih nyaman ketimbang dibantu memijat payudara oleh orang lain ya, Bunda.

Agar Bunda merasa nyaman dan tenang saat melakukan pijat payudara untuk busui, hal terpenting yang perlu dilakukan yakni mulailah dengan perlahan dan temukan ruangan yang tenang serta damai. Yang terbaik ialah mempersiapkan essential oil untuk digunakan sebagai bantuan membalur area payudara guna memudahkan pemijatan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang titik pijat laktasi yang mampu atasi ASI tersumbat.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA PIJAT PAYUDARA TANPA BIKIN NYERI, INTIP PANDUANNYA BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!