sign up SIGN UP search


menyusui

12 Jenis Buah dan Sayur Pelancar ASI, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani Rabu, 08 Sep 2021 11:00 WIB
Ilustrasi makan sayur caption

Untuk memastikan produksi ASI Bunda selalu lancar, ada baiknya Bunda turut menambahkan asupan sayur pelancar ASI di menu makanan Bunda sehari-hari. Tidak hanya sayur, tapi buah juga penting untuk memastikan ASI Bunda selalu melimpah. Hal ini tidak hanya untuk memastikan produksi ASI yang lancar dan melimpah, tapi juga untuk membantu menjaga kesehatan dan stamina Bunda selama Bunda menyusui Si Kecil.

Lalu apa sajakah asupan sayur dan buah pelancar ASI yang direkomendasikan untuk menghasilkan produksi ASI yang melimpah? Simak lengkapnya seperti dilansir dari Parenting First Cry berikut ini.

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, daun fenugreek, dan sawi hijau merupakan sumber mineral penting bagi Bunda menyusui seperti zat besi, kalsium, dan folat. Sayur pelancar ASI ini memiliki banyak vitamin dan dianggap sangat membantu meningkatkan produksi ASI. Bunda harus memiliki setidaknya satu porsi sayuran berdaun hijau setiap hari untuk hasil yang maksimal.


2. Daun kemangi

Kemangi atau tulsi telah digunakan secara turun temurun oleh ibu menyusui. Tidak hanya membantu dalam produksi susu, ia juga dikenal karena efeknya yang menenangkan, serta meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan nafsu makan yang baik. Bunda dapat memiliki tulsi dalam bentuk teh yang akan membantu Bunda menjadi lebih rileks.

3. Pepaya muda

Selain meningkatkan produksi ASI, pepaya muda juga berfungsi sebagai obat penenang alami yang akan membantu Bunda agar lebih rileks. Bunda dapat mengonsumsi pepaya muda dengan memarutnya menjadi salad. Pepaya muda dianggap sebagai galactagogue yang hebat di berbagai negara Asia.

Pepaya hijauPepaya hijau untuk pelancar ASI/ Foto: iStock

4. Wortel

Wortel memberikan dorongan besar untuk laktasi dan kaya akan Vitamin A yang juga meningkatkan kualitas produksi susu. Makan wortel mentah dalam bentuk salad atau jus dan minum secangkir di pagi hari bersama dengan sarapan Bunda adalah pilihan yang lezat, Bunda. Wortel tersedia di mana saja di seluruh dunia dan merupakan salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan produksi ASI.

5. Asparagus

Asparagus adalah makanan berserat tinggi yang kaya akan vitamin A dan K. Asparagus merangsang hormon yang bertanggung jawab untuk laktasi. Kukus sebentar asparagus atau tumis dalam wajan dengan sayuran lain untuk hidangan atau camilan yang lezat, Bunda. 

6. Aprikot

Aprikot sangat bagus untuk membantu menstabilkan ketidakseimbangan hormon dan harus dikonsumsi sebelum dan sesudah melahirkan. Buah ini membantu melancarkan ASI dan juga kaya akan kalsium dan serat. Tambahkan aprikot ke sarapan Bunda untuk memulai hari yang bergizi.

7. Pare

Sayuran ini sangat bergizi. Sayuran buah pare memiliki kandungan air yang tinggi yang akan membuat Bunda tetap terhidrasi. Pare mudah dicerna dan membantu meningkatkan suplai ASI. Meskipun Bunda mungkin tidak menyukai rasa pare, Bunda selalu dapat menemukan cara untuk membuatnya lebih enak.

8. Daun kelor

Daun kelor adalah sayuran yang kaya akan zat besi dan kalsium, serta daun kelor dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi susu. Oleh karena itu, memasukkan sayuran ini ke dalam menu makan siang atau sarapan Bunda dapat membantu memastikan bahwa produksi ASI Bunda cukup untuk menyusui. Bunda dapat mengonsumsi daun kelor segar sebagai hiasan makanan Bunda, atau minum dalam bentuk kapsul atau teh kelor untuk mendapatkan khasiatnya.

9. Buah Bit

Buah bit adalah sayuran yang sangat bergizi, bit adalah pembersih darah, kaya serat, dan mineral sehat. Diteorikan bahwa selain membantu meningkatkan produksi ASI, bit juga membantu meningkatkan ASI dengan sifat pemurnian darah yang akan bermanfaat bagi bayi Bunda.

10. Semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan fruktosa, serat, dan tentu saja air. Mengonsumsi semangka membuat Bunda tetap terhidrasi, memberi tubuh mineral penting dan membantu menjaga atau meningkatkan suplai ASI Bunda. Tetap terhidrasi dengan minum air putih dan mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang melimpah, seperti semangka, dapat membantu Bunda yang berjuang dengan masalah produksi ASI.

Banyak Semangka Suntik, Kenali Ciri Semangka Masak dan ManisSemangka untuk pelancar ASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/cihatatceken

11. Daun kari

Daun kari digunakan dalam beberapa masakan dalam masakan India. Hal ini karena daun lezat ini dikenal dapat meningkatkan melanin, membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah nutrisi. Daun kari juga kaya akan mineral yang dapat membantu Bunda menyusui meningkatkan produksi laktasi mereka.

12. Grapefruit

Grapefruit di beberapa bagian dunia dianggap sebagai buah mega. Grapefruit kaya akan Vitamin C dan Vitamin A, asam sitrat, fruktosa dan serat makanan penting. Buah ini dianggap sebagai salah satu tambahan paling sehat yang dapat dibuat siapa saja untuk diet mereka, terutama Bunda menyusui yang ingin meningkatkan produksi ASI.

Demikian 12 macam sayuran dan buah pelancar ASI yang bisa Bunda coba untuk meningkatkan jumlah produksi ASI Bunda. 

Selain dengan asupan makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI, dilansir dari Moms Loves Best, ada tiga trik lain agar produksi ASI tetap selalu lancar, yaitu:

  1. Sering-seringlah menyusui Si Kecil
  2. Seimbangkan dengan rajin memompa payudara saat tidak menyusui secara langsung
  3. Hindari penggunaan dot atau mpeng untuk Si Kecil.

Terakhir, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebahagiaan Bunda ya, agar produksi ASI semakin lancar. Semangat meng-ASI-hi, Bunda.

Simak juga penyebab dan cara mengatasi sakit kepala pada ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!