sign up SIGN UP search


menyusui

4 Makanan Perlancar ASI & Kandungan Gizi Hebat untuk Busui di Dalamnya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 16 Dec 2021 13:14 WIB
Makan Buah dan Sayur caption
Jakarta -

Apabila Bunda baru saja mempunyai bayi maka saat ini fase yang sedang dialami adalah menyusui. Tapi, seperti Bunda ketahui, tidak semua perempuan bisa mempunyai ASI yang banyak yang lancar.

Apabila Bunda termasuk salah satu perempuan yang sedang mengalami masalah ini, simak yuk makanan pelancar ASI apa saja yang bisa Bunda konsumsi untuk mengatasinya.

Nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan produksi ASI

Kerap kali bayi dan tubuh ibu menyusui akan merasa lemas jika nutrisi yang cukup tidak dipenuhi di dalam tubuh. Salah satu zat penting yang dapat meningkatkan energi yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti protein dan mineral yang harus dipenuhi. Zat gizi juga salah satu hal penting yang harus dipenuhi dalam tubuh untuk pembentukan yang dapat digunakan untuk mengatur sistem imun tubuh dan reproduksi.


Banner Kampung Miliuner CilacapFoto: HaiBunda/Mia

Makanan yang dapat memperlancar ASI

1. Kacang hijau

Salah satu makanan yang memperbanyak ASI adalah kacang hijau dan dipercaya sebagai salah satu sumber energi untuk ibu menyusui. Kacang hijau ini mempunyai banyak sekali manfaat sehingga diberi julukan superfood.

Salah satunya yaitu dapat meningkatkan kesuburan. Selain itu, kacang hijau juga dapat memenuhi kebutuhan protein dan vitamin B1. Kacang hijau juga dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya dengan zat besi dan asam folat yang rendah lemak dan minim kolesterol sehingga dapat membantu perkembangan otak bayi.

2. Pepaya

Buah dengan warna orange kemerahan ini juga dapat memenuhi kebutuhan kalium yang banyak mengandung air, vitamin A, dan vitamin C yang dapat menambah produksi ASI. Kalium ini juga dapat menjaga energi agar tidak mudah lelah selama menyusui.

Kandungan kalium yang terdapat pada buah pepaya ini juga dipercaya dapat meningkatkan perasaan nyaman dan dapat mencegah depresi. Bahkan saat bayi Bunda sudah bisa mengonsumsi makanan padat, buah pepaya ini juga dapat dijadikan MPASI untuk membantu perkembangan motorik halus dan mata.

3. Labu siam

Labu siam diketahui makanan jenis ini juga mengandung asam folat. Kebutuhan asam folat sangat diperlukan terlebih saat Bunda menyusui. Dalam kondisi ini maka tubuh Bunda akan membutuhkan asam folat dua kali lebih tinggi dibandingkan saat tidak hamil. Asam folat juga sangat penting untuk membantu perkembangan jaringan pada bayi, sel, dan hemoglobin.

4. Fenugreek

Salah satu makanan yang memperbanyak ASI selanjutnya adalah fenugreek yang dapat membantu memproduksi ASI semakin banyak. Makanan ini berfungsi sebagai salah satu galactogogue.

Dipercaya bahwa makanan ini dapat dijadikan penstimulus kelenjar di payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak. Dengan mengkonsumsi takaran yang tepat juga dapat membantu ibu menyusui. Biasanya fenugreek juga dapat ditemui dalam obat herbal. (PK)


Simak juga video berikut mengenai cara pijat payudara untuk memperlancar ASI

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!