sign up SIGN UP search


menyusui

6 Olahraga Ringan untuk Ibu Menyusui Bantu Bikin Langsing

Meita Fajriana Minggu, 19 Sep 2021 13:05 WIB
Ilustrasi ibu menyusui olahraga bersama bayi caption

Melalui momen berharga seperti hamil lalu dilanjutkan dengan menyusui tentu sebuah pengalaman menakjubkan bagi Bunda. Bahagia tiada tara tentu menyelimuti hati dan perasaan Bunda. Namun, Bunda harus menerima perubahan yang terjadi pada diri Bunda mulai dari hormon yang mempengaruhi emosi hingga bentuk tubuh yang tak lagi sama seperti dulu. 

Tubuh Bunda biasanya berubah menjadi lebih berisi pasca melahirkan, belum lagi di tambah menyusui di mana Bunda harus mengonsumsi makanan bergizi untuk menutrisi Si Kecil dengan maksimal. Olahraga yang berlebihan saat menyusui dikhawatirkan dapat menurunkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Untuk itu, jika Bunda ingin mengembalikan bentuk tubuh Bunda, mulailah dengan olahraga ringan terlebih dahulu. 

Lantas apa saja olahraga ringan untuk ibu menyusui agar bisa langsing? Apakah olahraga ibu menyusui ini aman dilakukan dan tidak memiliki efek samping terhadap produksi ASI Bunda? Yuk simak penjelasannya terus ya Bunda. 


Melansir dari laman VeryWellFamily, olahraga diiringi dengan pola makan seimbang adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Aktivitas fisik ringan hingga sedang aman dan bermanfaat bagi ibu menyusui. Selain itu olahraga ringan juga tidak memengaruhi jumlah, rasa, atau komposisi ASI Bunda. 

Lakukan olahraga ringan perlahan Bunda. Perubahan tubuh Bunda tidak naik secara drastis dan butuh waktu sembilan bulan selama hamil. Oleh karena itu beri juga tubuh Bunda waktu yang cukup untuk kembali seperti semula. 

"Untuk melahirkan bayi, segala sesuatu di dalam tubuh mengembang. Pinggul mengembang, tulang rusuk mengembang. Butuh sembilan bulan lebih untuk menambah berat badan itu, jadi beri diri Anda setidaknya sembilan bulan untuk melepaskannya dan mendapatkan tubuh Anda kembali," kata Jennifer Ritchie, IBCLC, konsultan laktasi di Newport Beach, California dikutip dari laman TheBump, Rabu (15/9/2021). 

Jenis aktivitas yang Bunda pilih sama pentingnya dengan waktu yang Bunda habiskan untuk mengerjakannya. Jika Bunda baru memulai program olahraga, pastikan untuk memulainya dengan jenis yang ringan. Jika Bunda tidak yakin apakah olahraga itu aman, Bunda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya.

Klik halaman berikutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



BERENANG HINGGA HIKING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!