sign up SIGN UP search


menyusui

6 Pilihan Olahraga yang Pas untuk Busui, Tak Sebabkan Kelebihan Laktat pada ASI

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 14 Jul 2022 07:07 WIB
Ilustrasi ibu menyusui olahraga bersama bayi caption

Apakah Bunda adalah penggemar olahraga dan tengah menjalani masa menyusui? Bunda menyusui bisa mencoba beberapa jenis olahraga yang aman untuk tubuh, tapi hindari gerakan yang terlalu berat ya.

Bagi Bunda menyusui yang melahirkan tanpa komplikasi bisa mulai berolahraga dalam beberapa hari. Namun, jika Bunda melahirkan dengan operasi caesar atau pernah menjalani episiotomi, harus menunggu hingga tubuh benar-benar pulih.

Olahraga yang diimbangi dengan diet sehat tentu bagus untuk kesehatan. Aktivitas fisik ini juga bermanfaat bagi ibu menyusui (busui) dan Si Kecil.


Meredith Shur, MD, FACOG, dokter spesialis kebidanan dan ginekologi menjelaskan bahwa gerakan olahraga yang ringan hingga sedang aman untuk dilakukan busui. Namun, hindari gerakan olahraga berat yang dapat menyebabkan infeksi payudara dan penurunan suplai ASI. 

Shur mengatakan, jenis olahraga yang busui pilih itu sama pentingnya dengan waktu yang dihabiskan untuk mengerjakannya. Jika busui ikut program olahraga, pastikan memulai dengan lambat. Namun, jika busui tidak yakin olahraga itu aman, konsultasikan dengan kantor dokter.

Pilihan olahraga untuk ibu menyusui yang aman 

Berikut adalah beberapa cara yang aman dan mudah untuk memulai olahraga untuk ibu menyusui:

  1. Berenang: Berenang adalah latihan seluruh tubuh berdampak rendah yang fantastis.

  2. Jalan kaki atau hiking. Menggendong bayi atau mendorong kereta dorong merupakan cara terbaik untuk bergerak dan menikmati udara segar.

  3. Bergabunglah dengan gym. Pusat kebugaran zaman sekarang banyak yang menawarkan penitipan anak sehingga busui dapat membawa bayinya.

  4. Bergabunglah dengan kelas yoga atau kelas latihan lain yang memasukkan bayi ke dalam rutinitas latihan.

  5. Joging. Busui dapat pergi sendiri atau mengajak bayi. Kereta dorong memudahkan busui mengajak anak jalan-jalan. Untuk keamanan, pastikan Bunda mengikatkan anak dengan aman ke kereta dorong dan menggunakan helm bayi untuk mencegah cedera jika kereta dorong terbalik.

  6. Berolahraga di rumah. Gunakan DVD latihan atau menari atau naik treadmill. Apabila Bunda memiliki peralatan olahraga di rumah, ini akan memudahkan berolahraga.

Olahraga bisa bikin ASI melimpah? Simak penjelasannya di halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 gerakan olahraga untuk kencangkan payudara pasca menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



OLAHRAGA BIKIN ASI MELIMPAH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!