sign up SIGN UP search


menyusui

3 Olahraga Ringan untuk Kencangkan Payudara Setelah Menyapih Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 27 Jul 2020 08:30 WIB
Avoiding gyms and exercising at home during pandemic illness caption
Jakarta -

Bunda merasa payudara kendur usai menyapih si kecil? Tenang, hal itu masih bisa diatasi dengan olahraga yang tepat nih.

Olahraga diketahui dapat mengencangkan payudara secara efektif. Selain menyapih, pertambahan usia juga menyebabkan payudara mengendur, Bunda. Hal tersebut bersifat alamiah sehingga tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Tapi, kalau Bunda terganggu saat melihatnya bisa tetap menjaga elastisitas payudara secara maksimal dengan olahraga.


"Payudara terdiri dari jaringan ikat atau penghubung, yaitu ligamen Cooper. Ligamen Cooper ini yang menahan payudara pada tempatnya, meregang, dan melemah dengan bertambahnya usia," ujar Leena Shankar Nathan, MD, Assistant Clinical Professor di UCLA OBGYN Westlake Village dikutip dari Openfit.

Tertarik mencobanya? Melansir Healthline, beberapa aktivitas fisik yang mudah dipraktikkan di rumah berikut ini bisa menjadi solusinya:

Avoiding gyms and exercising at home during pandemic illness3 Olaharaga kencangkan payudara/ Foto: iStock

1. Cobra Pose

Pemanasan hebat ini merupakan latihan untuk mengaktifkan otot-otot di sekitar dada. Mulailah dengan berbaring tengkurap dengan kaki terentang, sedangkan ujung kaki diletakkan di lantai. Letakkan tangan langsung di bawah bahu dengan siku terselip. Lalu, mulailah mengangkat kepala dan dada dari tanah sambil menarik bahu ke belakang dan menjaga leher tetap netral. Luruskan lengan sebanyak kenyamanan Bunda. Tahan pose ini selama 30 detik dan kembali ulangi tiga kali.

2. Moving Board

Tambahkan gerakan dinamis berikut pada otot-otot dada yang bagus untuk payudara. Mulailah dengan posisi papan di mana kepala dan leher dalam kondisi netral dan tangan ditumpuk di bawah bahu. Pastikan punggung bawah tidak kendur. Jaga agar tubuh tetap kencang dan angkat tangan kanan dan kaki kanan dari tanah lalu turunkan perlahan. Lakukan jeda sebentar dan ulangi, lalu gerakkan satu kaki lagi ke kanan. Ulangi sebanyak tiga set.

3. Push-up

Salah satu latihan berat badan seluruh tubuh terbaik yang bisa dilakukan tetapi efektif hasilnya yakni push-up. Latihan ini menargetkan otot-otot dada dengan cara yang terfokus. Mulailah dalam posisi papan dengan tangan ditempatkan sedikit lebih lebar dari bahu.

Kemudian kepala dan leher tetap netral dan tubuh tetap kencang. Lalu, tekuk siku dan mulai turunkan tubuh sampai dada sedekat mungkin dengan lantai. Pastikan siku tidak tertekuk pada sudut 90 derajat. Mulai kembali mengulurkan tangan dan kembali ke posisi awal. Lengkapi tiga set untuk hasil yang maksimal.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk cerita menyusui Erieska Rein yang penuh drama dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi