sign up SIGN UP search


menyusui

5 Ramuan ASI Booster Herbal, Bunda Tertarik Mencoba?

Meita Fajriana Minggu, 26 Sep 2021 09:10 WIB
Young Mom Breastfeeding Baby While Working Remotely On Laptop At Home and eating caption

Jakarta - Banyak dari Bunda yang mencari suplemen herbal untuk membantu meningkatkan suplai Air Susu Ibu (ASI). Nyatanya, ada sejumlah tanaman yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.

Jika Bunda merasa perlu dan ingin memiliki ASI melimpah, Bunda tentu akan tertarik dengan deretan ASI booster herbal tersebut. Lantas apa saja Booster ASI herbal yang aman Bunda konsumsi setiap hari? Simak penjelasannya yuk Bunda.

Melansir dari laman Very Well Family, pada dasarnya semua Bunda dapat memproduksi cukup ASI untuk bayinya, terutama bagi Bunda yang melakukan ASI eksklusif dan menyusui langsung dari payudara. Namun, jika Bunda khawatir tidak bisa mencukupi kebutuhan ASI Si Kecil, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi booster ASI herbal untuk mendukungnya. Kelebihannya, karena bersifat alami jadi lebih aman untuk Bunda dan bayi. 


Selain itu, konsultasikan kepada konsultan laktasi atau dokter Bunda untuk memeriksa apakah produksi ASI Bunda benar-benar rendah atau sedikit. Jika Bunda memang memiliki ASI yang sedikit, ada banyak cara untuk meningkatkannya, yang paling efektif adalah menyusui secara eksklusif dan lebih sering. Mengonsumsi booster ASI herbal mengandung galactagog yang aman untuk meningkatkan produksi ASI Bunda juga dapat membantu.

"Galactagog dapat didefinisikan secara luas sebagai makanan, minuman, herbal, suplemen, atau obat-obatan yang dikatakan dapat meningkatkan suplai susu," jelas Tipper Gallagher seorang konsultan laktasi bersertifikat yang berbasis di Minneapolis dan St. Paul, Amerika Serikat dikutip dari laman Vox.

Infografis ASI boosterInfografis ASI booster/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Berikut lima ASI booster herbal yang aman Bunda konsumsi:

1. Jahe

Jahe adalah ramuan tradisional yang menambah rasa pada makanan dan mengobati berbagai masalah kesehatan. Tanaman herbal ini sering digunakan untuk mabuk perjalanan atau masalah pencernaan, tetapi di beberapa bagian dunia, jahe dipercaya dapat membantu ibu meningkatkan suplai ASI mereka. Jahe dapat diparut atau dicincang dan ditambahkan ke makanan atau dapat disedu menjadi teh.

Akar jahe segar juga menjadi pilihan sehat untuk dikonsumsi dan tidak berbahaya bagi ibu atau bayi. Tetapi ramuan herbal apa pun, ada baiknya untuk menggunakannya dalam jumlah sedang ya Bunda karena tidak ada pedoman keamanan yang ditetapkan. 

2. Bawang putih

Sepanjang sejarah, bawang putih telah digunakan sebagai penyedap masakan, suplemen makanan, dan obat-obatan. Dipercaya dapat membantu meningkatkan suplai ASI, tetapi bawang putih juga dapat mengubah rasa ASI Bunda. Bunda dapat mengonsumsinya sebagai booster ASI, namun perhatikan apakah Bunda mengalami alergi untuk meminimalisir efek samping. 

Meskipun beberapa bayi tampaknya menyukai rasa bawang putih, yang lain mungkin tidak mentoleransi bawang putih dengan baik dan dapat meningkatkan bau badan pada ibu dan bayinya. Ini juga dapat menyebabkan gas, kolik, atau kerewelan. Jika Bunda melihat reaksi yang merugikan pada bayi Bunda setelah mengonsumsi bawang putih, Bunda dapat berhenti memakannya.

Simak ASI Booster alami lainnya di halaman berikutnya!

Pelancar ASI dalam video di bawah ini juga direkomendasikan buat dicoba, Bun:

[Gambas:Video Haibunda]



 

ASI BOOSTER HERBAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!