sign up SIGN UP search


menyusui

4 Makanan ASI Booster Alami, Yuk Kupas Kandungan Hebat di Dalamnya

Tim HaiBunda Kamis, 16 Sep 2021 09:20 WIB
7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap Hari caption
Jakarta -

ASI adalah sumber utama nutrisi yang paling baik bagi bayi Bunda. Di dalam ASI terkandung semua hal yang si kecil butuhkan, terutama selama 6 bulan pertama.

Selain sebagai penunjang gizi paling optimal, ASI juga berperan dalam melindungi Si Kecil dari berbagai penyakit, infeksi, dan alergi. Sayangnya memberikan ASI memang memiliki banyak tantangan tersendiri. Tidak salah jika kemudian mereka yang memberikan ASI disebut sebagai 'Pejuang ASI'.

Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan dalam ASI adalah suplainya yang kurang. Masalah ini biasa diatasi dengan cara menggunakan ASI booster alami yang dipercaya mampu untuk memperlancar dan menambah produksi dari ASI.


Banner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di JakartaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Disarankan untuk memilih ASI booster alami macam ini ya, Bun dibanding menggunakan obat-obatan kimiawi. Nah, berikut ada beberapa makanan yang direkomendasikan bagi ibu menyusui agar ASI lebih lancar keluar.

4 Makanan Sebagai ASI Booster Alami

1. Oats

Oats merupakan salah satu makanan yang bisa untuk meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. Oats mempunyai konsentrasi beta glucan makanan lebih tinggi daripada makanan yang lainnya.

Tak hanya itu, whole grain sebagai komponen utama oats adalah sumber zat besi. Diketahui dalam setengah cangkir oats kering terdapat terkandung 2mg zat besi atau kurang lebih 20 persen dari yang ibu menyusui butuhkan per hari.

Tidak hanya baik untuk tingkatkan produksi ASI, oats pun bagus sekali untuk mengendalikan diabetes setelah melahirkan. Serat di dalamnya mempunyai efek yang positif untuk meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan.

Bunda bisa mengonsumsi oatmeal dengan membuatnya sebagai makanan lezat. Jangan lupa lengkapi dengan buah-buahan segar yang bisa membantu produksi ASI.

2. Sayuran hijau

Sayuran yang berdaun hijau seperti kangkung, bayam, daun katuk, serta brokoli adalah serat makanan, sumber mikronutien, serta senyawa bioaktif yang baik sekali untuk mempercepat proses pemulihan setelah persalinan. Selain itu, sayuran ini juga memberikan nutrisi untuk Bunda.

Sayuran yang berwarna hijau pun mengandung fitoestrogen yang bisa untuk tingkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Tidak heran jika banyak yang memanfaatkan makanan ini sebagai ASI booster dan harganya murah meriah, Bun!

3. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang kaya protein dengan kualitas tinggi, vitamin B12, vitamin D, serta omega-3 yang sangat bermanfaat untuk Bunda dan Si Kecil. Mengonsumsi ikan salmon bisa meningkatkan suplai ASI serta meningkatkan kualitas komposisinya.

4. Kurma

Kurma sudah lama diketahui mempunyai manfaat yang banyak untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Khusus untuk ibu menyusui, kurma bisa meningkatkan produksi ASI.

Bunda bisa mengonsumsi kurma segar ataupun kurma kering untuk menjadi camilan. Atau jika Bunda bosan dengan cara demikian, bisa menjadikan kurma sebagai jus.

Beberapa ASI booster di atas patut untuk Bunda coba jika mengalami produksi ASI yang seret. Meski begitu, untuk bisa meningkatkan produksi ASI tak hanya dapat lewat booster saja. Karena Bunda juga harus lebih rajin menyusui serta mengosongkan payudara, istirahat yang cukup, melakukan pola hidup yang sehat, serta memijat payudara dengan rutin. (PK)

Simak juga video berikut mengenai makanan enak yang wajib dikonsumsi ibu menyusui. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!