sign up SIGN UP search


menyusui

8 Manfaat Omega 3 untuk Ibu menyusui, Atasi Depresi hingga Bikin Anak Cerdas

Annisa Karnesyia Rabu, 29 Sep 2021 20:30 WIB
Breastfeeding baby near crip. Pretty mother holding her newborn child. Mom nursing baby. Beautiful woman and new born relax at home in nursery interior. Blond mother breast feeding baby. caption
Jakarta -

Bunda bisa konsumsi omega 3 selama menyusui Si Kecil ya. Manfaat omega 3 untuk ibu menyusui ternyata bisa mengatasi depresi hingga membuat anak cerdas lho.

Kandungan omega 3 bisa diperoleh dari suplemen atau makanan laut, seperti ikan. Ahli nutrisi Keli Hawthorne, MS, RD, LD, mengatakan bahwa konsumsi makanan laut atau suplemen omega 3 diperbolehkan saat menyusui.

Namun, ada baiknya Bunda mendapatkan omega 3 langsung dari makanan. Ibu menyusui direkomendasikan konsumsi 6 hingga 12 ons makanan laut jenis apa pun per minggu. Setidaknya, ada sekitar 250 mg omega 3 di dalam porsi tersebut.


Konsumsi makanan laut perlu hati-hati karena ada yang mengandung merkuri. Bagi Bunda yang khawatir kandungan zat ini, bisa memilih suplementasi omega 3.

"Suplemen omega 3 bebas merkuri. Kebanyakan suplemen ini mengandung minyak ikan, tetapi merkuri tidak disimpan di sana," ujar Hawthorne, dikutip dari Baby Center.

Di dalam omega 3 mengandung DHA (Docosahexanoic Acid), EPA (Eicosapentaenoic Acid), dan ALA (Alpha-linolenic Acid). Kandungan DHA dan EPA biasanya yang paling dibutuhkan Bunda selama menyusui.

Idealnya Bunda harus mendapatkan sekitar 1.500 miligram DHA per minggu. Tetapi bagi yang sedang menyusui, mungkin perlu melengkapinya dengan DHA tambahan.

Sebelum memutuskan konsumsi suplemen omega 3, Bunda sebaiknya konsultasikan ke dokter dahulu ya. Takaran konsumsinya harus dibicarakan ke dokter.

Ibu MenyusuiIlustrasi Ibu Menyusui/ Foto: iStock

Manfaat omega 3 untuk ibu menyusui

Omega 3 biasanya sering ditemukan di produk makanan anak. Manfaat omega 3 memang telah diteliti bisa menjaga kesehatan otak.

Pada Bunda hamil, omega 3 juga memiliki manfaat beragam. Melansir dari berbagai sumber, berikut 8 manfaat omega 3 untuk ibu menyusui:

1. Mengatasi depresi dan rasa cemas

Bunda baru melahirkan bisa mengalami stres atau depresi saat mengurus anak. Akibatnya, proses menyusui bisa terganggu karena kondisi ini ya.

Nah, konsumsi omega 3 dalam bentuk suplemen atau makanan, bisa membantu mengatasi depresi saat menyusui nih. Studi yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity tahun 2014 menyebutkan bahwa orang-orang yang konsumsi omega 3 secara reguler kemungkinan terkena depresi sangat rendah.

"Kandungan omega 3 yang ampuh mengatasi depresi adalah EPA," kata ahli nutrisi Freydis Hjalmarsdottir, MS, dilansir Healthline.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan DHA di omega 3 bisa meningkatkan kesehatan mata, terutama bagian retina. Ketika Bunda kurang mendapatkan asupan DHA, masalah kesehatan di mata bisa meningkat.

Selain itu, mengonsumsi cukup omega 3 juga terkait dengan penurunan risiko degenerasi makula, salah satu penyebab utama kerusakan mata permanen atau kebutaan.

3. Meningkatkan kecerdasan

DHA yang terkandung di omega 3 ternyata ditemukan di ASI lho, Bunda. DHA ini merupakan asam lemak omega-3 rantai panjang.

DHA diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem tubuh, termasuk otak dan sistem saraf. Konsumsi cukup omega 3 dikatakan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan menurunkan risiko terlambat berkembang pada bayi yang disusui.

4. Mengatasi peradangan

Peradangan adalah respons kita terhadap infeksi dan kerusakan di tubuh. Untuk menghindari peradangan, Bunda perlu menjaga kesehatan, terutama selama menyusui ya.

Peradangan terkadang berlangsung lama, bahkan tanpa infeksi atau cedera. Peradangan ini dapat menjadi berat dan mengakibatkan risiko jangka panjang.

Selain menjaga pola makan, Bunda bisa mencegah dan mengatasi peradangan dengan konsumsi omega 3. Kandungan omega 3 dapat mengurangi produksi molekul da zat terkait dengan peradangan.

5. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Selama menyusui, Bunda perlu menjaga kesehatan tulang dan sendi agar tidak gampang sakit. Apalagi kalau Bunda kekurangan kalsium.

Selain minum susu, Bunda bisa konsumsi makanan mengandung omega 3. Studi menemukan bahwa omega 3 bisa meningkatkan kekuatan tulang dengan meningkatkan jumlah kalsium. Pada akhirnya, ini bisa menurunkan risiko osteoporosis.

Omega 3 juga bisa mengatasi radang sendi. Menurut studi di Journal of the National Medical Association, pasien yang konsumsi omega 3 melaporkan mengalami penurunan nyeri sendi.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Asam lemak omega 3 dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur. Manfaat ini tentunya sangat diperlukan bagi Bunda yang lagi menyusui dan sulit tidur pulas.

Tingkat DHA yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan kadar hormon melatonin yang rendah. Akibatnya, Bunda bisa mengalami kesulitan tidur nyenyak.

Studi dalam Randomized Controlled Trial tahun 2014 mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen omega 3 pada anak-anak dan dewasa bisa meningkatkan kualitas tidur.

7. Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit selama menyusui itu penting ya, Bunda. Selain perawatan, Bunda bisa konsumsi omega 3 karena mengandung DHA yang merupakan komponen struktural di kulit kita.

DHA bisa menjaga kesehatan membran sel, yang membentuk sebagian besar kulit Bunda. Membran sel yang sehat bisa menghasilkan kulit yang lembut, lembab, kenyal, dan bebas kerutan.

Selain itu, kandungan EPA di omega 3 juga bermanfaat untuk mengurangi penuaan, mengelola produksi minyak di kulit, dan mengurangi risiko jerawat. Omega 3 pun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

8. Menjaga kesehatan jantung

Studi menemukan bahwa konsumsi banyak ikan yang mengandung omega 3 dapat menurunkan risiko sakit jantung. Beberapa faktor risiko yang bisa dikurangi adalah menaikkan kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein).

Selain itu, minyak ikan mengandung omega 3 dapat menurunkan trigliserida sekitar 15 sampai 30 persen serta mencegah plak di pembuluh darah. Pada orang yang berisiko, minyak ikan mungkin bisa mengurangi terjadinya aritmia fatal.

Simak juga 3 tips mengatur jadwal menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!