sign up SIGN UP search


menyusui

7 Minuman Pelancar ASI, Tidak Harus Susu Ya Bun

Dewi Ratna Jumat, 17 Sep 2021 12:42 WIB
Young woman eating a croissant, drinking fresh milk for breakfast in the kitchen. She is wearing only a blue shirt, standing by the big, bright window caption

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa minum susu akan berpengaruh pada suplai ASI Bunda. So, bisa dipastikan bahwa tidak ada susu pelancar ASI yang bisa dikonsumsi ibu menyusui, untuk membantu meningkatkan produksi air susu dalam payudara Bunda.

Namun, seperti yang Bunda tahu bahwa susu merupakan sumber kalsium yang baik, begitu pula yoghurt, keju, dan beberapa jenis sayuran hijau. Kalsium penting bagi tubuh, tapi dengan catatan, dikonsumsi secara benar takarannya. Pastikan tidak berlebihan.

Overdosis kalsium justru akan menyebabkan rasa tak nyaman. Konsumsi kalsium berlebih bisa menimbulkan masalah gas dalam tubuh, kembung, sembelit, diare, dan juga mua. Meski tak ada salahnya banyak minum susu, tapi sekali lagi, pastikan tidak berlebihan.


Komponen penting pelancar ASI

Alih-alih mencari susu pelancar ASI, diet seimbang dengan konsumsi makanan kaya protein, mineral, serta vitamin akan membantu menjaga suplai ASI Bunda. Dalam tulisan ini nanti Bunda akan mendapatkan informasi juga seputar makanan dan minuman pelancar ASI.

Sebelumnya, Bunda wajib tahu terlebih dahulu bahwa sangat penting untuk tetap terhidrasi, terutama dalam masa menyusui. Air merupakan komponen penting dari ASI, selain susu, air, dan jus buah yang juga bisa membantu menjaga Bunda tetap terhidrasi.

Tips pasokan susu sehat tanpa susu pelancar ASI

Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan kualitas air susu yang diproduksi, meski tanpa susu pelancar ASI. Bunda bisa mengikuti tips berikut ini untuk pasokan ASI yang sehat:

  • Menyusui bayi atau memompa ASI secara teratur.
  • Pastikan bayi menempel pada payudara dengan posisi yang benar.
  • Istirahat sesempat mungkin.

Caranya sangat mudah, tapi mungkin tak semua Bunda bisa melakukannya. Namun Bunda perlu mengusahakannya terlebih dahulu sebelum menyerah. Untuk lebih detail, Bunda bisa hubungi ahli laktasi atau dokter agar mendapatkan masukan yang lebih relate dengan kondisi bunda.

Konsumsi susu pada bunda menyusui

Meski bukan menjadi susu pelancar ASI, tapi dianjurkan untuk Bunda mengonsumsi susu sejak mengandung hingga di masa menyusui. Namun Bunda mungkin juga akan mendengar informasi bahwa minuman atau makanan yang berpotensi menyebabkan alergi harus dihindari, termasuk susu sapi.

Pada umumnya, orang-orang percaya bahwa minuman dan makanan yang berpotensi menyebabkan alergi memang harus dihindari selama masa kehamilan dan menyusui, untuk membantu mencegah perkembangan alergi tersebut pada Si Kecil. Well, mari singkirkan dulu mitos ini.

Dilansir dari Milkgenomics, sebuah laporan dari hasil studi pada 2008 di Pediatrics, jurnal resmi American Academy of Pediatrics, menyimpulkan bahwa tidak ada cukup bukti untuk merekomendasikan Bunda menghindari alergen seperti susu selama kehamilan dan masa menyusui.

Fakta susu sapi untuk bunda menyusui

Selain meningkatkan risiko kekurangan nutrisi, faktanya, menghindari susu sapi saat Bunda menyusui bahkan bisa meningkatkan kemungkinan bayi terkena alergi susu sapi.

Hal ini tertuang dalam hasil penelitian Clinical & Experimental Allergy, yang mengungkapkan bukti mengapa bayi yang menyusu cenderung tidak mengalami alergi susu sapi ketika ibu mereka minum susu sapi.

Bunda yang mengonsumsi susu sapi memiliki jumlah IgA sekretorik yang lebih besar dalam ASI mereka. IgA sekretorik merupakan sejenis antibodi yang melapisi saluran usus bayi untuk membentuk penghalang yang mampu menetralkan ancaman yang datang.

Asupan minuman pelancar ASI

Bukan susu pelancar ASI, ibu menyusui membutuhkan asupan lain untuk membantu melancarkan produksi air susunya. Asupan tersebut bisa didapat dari makanan pelancar ASI atau minuman seperti yang ada di halaman berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]



MINUMAN PELANCAR ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!