sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab ASI Drop Saat Menstruasi, Banyak Bunda Enggak Sadari Nih

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 09 Oct 2021 10:07 WIB
Portrait of young beautiful asian mother with newborn baby in living room. Healthcare and medical love asia woman lifestyle mother's day concept with copy space. caption

Jakarta - ASI menurun saat haid? Periode haid tidak saja membuat naik turun mood ya, Bunda. Karena, ASI juga bisa ikutan drop saat haid dan banyak Bunda yang tidak menyadari hal itu.

Bunda yang menyusui secara eksklusif biasanya memang tidak mendapatkan haid selama beberapa bulan setelah bayi lahir. Selama fase tersebut, wajar kalau Bunda tidak menyadari bahwa nantinya fase menstruasi akan berdampak pada produksi ASI.

Nah, begitu jadwal menstruasi kembali datang, Bunda pun tidak tahu bahwa terkadang hal itu bisa menyebabkan produksi ASI menurun. 


"Sebagian besar Bunda mungkin tidak akan melihat perubahan dalam suplai ASI-nya ketika haidnya kembali," ujar Nathalie Pambrun, wakil predisen dari the Canadian Assosiation di Kanada. 

Namun, sambung Pambrun, beberapa Bunda merasakan bahwa pasokan ASI-nya lebih minim pada hari-hari haid berlangsung selama mereka menyusui. Dan juga, para Bunda memerhatikan bahwa bayi mereka sedikit lebih rewel karena tidak mendapatkan ASI sebanyak biasanya, seperti dikutip dari laman Todays parent.

Perlu Bunda tahu, alasan di balik ASI drop saat haid biasanya dikarenakan kadar kalsium dalam darah Bunda menurun selama haid dan ini berpotensi memengaruhi suplai ASI Bunda.

Pambrun pun merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen kalsium dan magnesium, jika Bunda mengalami penurunan suplai ASI. Namun, secara keseluruhan, menyusui sangat berkaitan dengan supply and demand. Jadi, semakin banyak bayi menyusu dan semakin  banyak ASI yang dibutuhkan maka semakin banyak pula ASI yang diproduksi tubuh.

Saat Bunda menyadari produksi ASI lebih sedikit dari biasanya, cobalah untuk menyusui Si Kecil lebih sering untuk mengembalikan suplai ASI Bunda yang mungkin tampak berkurang.

Selain itu, berikan kedua payudara Bunda, masing-masing setidaknya dua kali dalam sesi menyusui yang sama. Hindari dot ataupun botol jika memungkinkan sehingga semua isapan bayi terpusat di payudara. Bunda juga bisa menambahkan sesi pumping di antara waktu menyusui baik langsung ataupun setelah menyusui untuk meningkatkan suplai ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

CARA MENGATASI ASI DROP SAAT HAID AGAR SI KECIL ENGGAK REWEL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!