sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab ASI Sedikit dan Tak Keluar, Hati-hati Kalau Mau Konsumsi Obat Bun

Annisa Karnesyia Sabtu, 09 Oct 2021 15:49 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Masalah menyusui kerap kali menjadi kendala bagi Bunda untuk mengASIhi bayinya. Salah satunya adalah ASI tidak keluar atau menjadi kering.

Menurut Essie Laksana dalam buku Mitos & Fakta Seputar Kehamilan dan Persalinan, ASI tidak dapat mengering begitu saja. Jika ini terjadi, maka itu merupakan kejadian langka.

"Produksi ASI tidak berubah tiba-tiba," ujar Essie.


Walau pun Bunda mengalami stres berat atau rasa takut, aliran ASI tidak akan terhenti begitu saja ya. Bila pun terjadi, hal ini hanya bersifat sementara seperti reaksi fisiologi lainnya.

Dalam kondisi stres atau rasa takut pun, Bunda tetap disarankan untuk menyusui Si Kecil. Kedua hal tersebut tidak bisa menjadi alasan bagi seorang Bunda untuk menyapih anaknya dengan tiba-tiba. 

Banner Pesan Novel Baswedan untuk IstriFoto: HaiBunda/Mia

Menyusui justru dapat menghasilkan hormon yang dapat meredakan ketegangan lho. Pada akhirnya proses menyusui bisa memberikan ketenangan kepada Bunda dan bayinya, serta menimbulkan ikatan erat bagi keduanya.

ASI yang seolah-olah menjadi sedikit bisa disebabkan 5 hal berikut:

1. Peningkatan kebutuhan bayi

Hal ini juga disebut dengan percepatan pertumbuhan pada bayi. Jika ini yang dijadikan alasan ASI seolah-olah tidak cukup, maka Bunda bisa menyusui lebih sering selama beberapa hari agar semua kembali normal.

Selain itu, jangan lupa memerah payudara dengan tangan. Hal ini dilakukan untuk membantu bayi mendapatkan cukup ASI.

2. Perubahan perilaku bayi

Pada usia sekitar 5 sampai 6 minggu, bayi bisa menjadi rewel saat menyusu. Mereka mungkin akan menarik payudara atau menangis ketika merasa aliran ASI melambat. Padahal, ASI belum menjadi kering, tapi bayi sudah menunjukkan perubahan reaksi. Tak heran kalau kondisi seperti ini akan membuat Bunda mengira ASI tak keluar.

"Coba menggunakan teknik kompresi payudara untuk membantu bayi mendapatkan ASI lebih banyak," kata Essie.

3. Perubahan di payudara

Payudara dapat terasa tidak penuh atau lunak setelah beberapa minggu menyusui. Kondisi ini sebenarnya normal, terutama pada Bunda yang payudaranya tidak lagi membengkak atau penuh.

Bunda enggak perlu khawatir ya. Selama bayi menyusu di payudara dan cukup ASI, hal ini tidak akan menyebabkan ASI kering atau berkurang.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 3 posisi menyusui agar bayi tenang, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB ASI KERING: KONSUMSI OBAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!