sign up SIGN UP search


menyusui

Agar Puting Tak Perih, Ini 4 Tips agar Posisi Mulut Bayi Pas saat Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 09 Nov 2021 10:56 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption

Jakarta - Posisi mulut bayi yang pas saat menyusu dapat membuat prosesĀ menyusui berjalan lancar. Dengan begitu, baik bayi maupun ibu menyusui pun merasa nyaman.

Ya, pelekatan yang dilakukan dengan benar tidak saja mencegah puting lecet, tetapi juga membantu bayi mendapatkan banyak ASI. Selain itu, Bunda dan Si Kecil juga lebih happy karena proses menyusui lebih nyaman dan lancar.

Soal pelekatan, Bunda perlu tahu nih, bahwa pelekatan yang tepat saat menyusui yakni ketika bayi memasukkan sebagian besar areola Bunda ke dalam mulutnya. Sehingga, puting susu ibu masuk ke bagian belakang mulut bayi. Gusi bayi menekan sinus susu yang terletak satu inci di belakang puting. Kemudian, lidah ke depan di bawah payudara, di atas gusi bawah, dan gerakannya membantu bayi mengeluarkan ASI.


Sementara itu, untuk Bunda, agar posisi mulutĀ bayi saat menyusu pas, Bunda juga perlu mendapatkan posisi yang tepat. Bunda dapat duduk tegak di kursi dengan sandaran atau kursi goyang. Ini merupakan posisi paling mudah untuk menyusui.

Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021

Atau, Bunda juga bisa duduk di tempat tidur, tetapi pastikan punggung, bahu, dan lutut Bunda tertopang dengan baik. Untuk membuatnya nyaman, tambahkan beberapa bantal di belakang punggung agar Bunda mendapatkan kenyamanan dan merasa rileks saat menyusui, seperti dikutip dari laman Askdrsears.

Tidak peduli posisi menyusui apa yang Bunda pilih saat menyusui, hal terpenting yakni Bunda perlu mendapatkan pelekatan yang baik saat menyusui. Memang, dibutuhkan latihan dari waktu ke waktu untuk mendapatkan kesuksesan pelekatan. Tetapi, seiring dengan kebiasaan menyusui, Bunda pun akan terbiasa dan membantu agar posisi mulut bayi saat menyusu tepat. Sehingga, baik Bunda dan bayi merasa nyaman.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak pula video tentang posisi menyusui dan pelekatan bayi yang benar di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



SERING BANGET ENGGAK PAS, IKUTI 4 TIPS BERIKUT AGAR POSISI MULUT BAYI SAAT MENYUSU TEPAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!