sign up SIGN UP search

menyusui

Belum Bisa Menyusu Langsung, Ini 4 Cara Berikan ASIP pada Newborn

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 23 Nov 2021 07:01 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. Ilustrasi ibu menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Menyusui memang dapat diibaratkan sebuah perjalanan panjang ya Bunda. Ada banyak suka dan ada pula duka saat menjalaninya. Tantangan paling berat dalam menyusui biasanya akan dialami Bunda pada awal dan akhir masa menyusui atau penyapihan.

Pada awalnya, saat Si Kecil baru saja lahir, ia tak mungkin langsung bisa menyusu, perlu waktu dan proses baginya. Maka itu, wajar saja bila awalnya bayi juga mengalami kesulitan beradaptasi dengan dunia barunya.

ASI memang menjadi asupan bernutrisi lengkap yang sangat baik bagi kebutuhan bayi sejak lahir. Dengan cara apa pun, ASI memang sebaiknya tetap diberikan pada bayi sejak lahir guna menunjang tumbuh kembang mereka secara maksimal ya, Bunda.


Namun memang tidak semua Bunda bisa dengan lancar dan mudah langsung menyusui bayinya. Ada beberapa kondisi yang akhirnya menyebabkan bayi baru lahir harus mendapatkan ASI dengan cara berbeda selain menyusu.

Meski begitu, Bunda hanya perlu berjuang untuk tetap bisa memproduksi ASI dengan maksimal sehingga kebutuhan ASI para bayi bisa dipenuhi selalu ya, Bunda. Khususnya untuk bayi newborn, sering kali di awal-awal memang banyak ibu menyusui mengeluhkan cara memberikan ASIP mereka pada Si Kecil.

Sebab, respons dari bayi di awal-awal dalam menerima ASIP yang biasanya langsung menyusu di payudara sering kali menolak ya, Bunda. Jika Bunda juga mengalaminya, jangan langsung menyerah ya, Bunda. Memang, pemberian ASIP pada newborn butuh perjuangan kok.

Dan, pengenalan dengan berbagai media dalam pemberian ASIP baik menggunakan botol, sendok, cup, atau lainnya perlu dicoba secara bertahap.

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Tak hanya itu, Bunda juga perlu belajar menyesuaikan suhu ASIP saat hendak diberikan kepada bayi. Namun, sebenarnya berapa sih suhu ideal ASIP untuk diberikan kepada Si Kecil? Terkait hal ini, Kristen Gourley, IBCLC seorang konsultan laktasi mengatakan bahwa tidak ada suhu ideal dalam menyajikan ASI asalkan tidak terlalu panas dan membakar bayi tentunya.

"Terkadang pada newborn biasanya membutuhkan ASIP yang lebih hangat untuk mencegah hilangnya suhu sebelum mereka dapat mengontrol suhu mereka dengan baik," katanya seperti dikutip dari laman Romper.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 3 cara tepat menghangatkan ASI di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



4 TIPS BERIKAN ASIP PADA BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!