sign up SIGN UP search


menyusui

Belum Bisa Menyusu Langsung, Ini 4 Cara Berikan ASIP pada Newborn

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 23 Nov 2021 07:01 WIB
4 TIPS BERIKAN ASIP PADA BAYI BARU LAHIR
Mother gently placing her sleeping newborn baby in the bassinet wrapped tightly in a forest green swaddle. caption

Tetapi, sambung Gourley, ASIP tak harus selalu diberikan dalam suhu hangat kok, tidak mengapa untuk memberikan ASIP dengan suhu normal atau suhu ruangan. ASIP hangat biasanya dikhususkan pada kasus bayi yang lahir prematur karena mereka kesulitan mengatur suhu disebabkan lemak tubuh yang rendah.

Jadi, jika bayi Bunda terlahir prematur atau tinggal di lingkungan yang sangat dingin, mungkin yang terbaik dalam memberikan ASIP ialah menyajikannya dalam kondisi hangat ataupun dalam kondisi suhu ruang ya, Bunda.

Berikut ini beberapa tips berikan ASIP pada newborn yang dapat membantu ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Bellybelly:


1. Gunakan botol

Jika Bunda ingin menggunakan bantuan botol ada baiknya diperkenalkan sejak awal. Karena, beberapa bayi merasa sulit belajar meneguk ASIP dari botol. Dan, biasanya bayi yang senang minum botol sejak dini akan memengaruhi cara mereka menyusui di kemudian hari. 

Saat memperkenalkannya, pilihlah botol dot dengan aliran lambat. Lalu, hangatkan botol susu dengan air matang hangat. Berikan botol saat bayi tidak lapar tetapi terjaga, tenang, dan santai. Cobalah posisi yang mirip dengan menyusui dan mintalah orang lain yang memberikan botol tersebut sehingga tidak membingungkan bayi.

2. Cup

Alternatif lain memberikan ASIP menggunakan cup, Bunda. Metode ini mungkin sangat berguna untuk newborn yang sakit atau lahir prematur yang belum bisa belajar menyusui secara efektif. Selain itu, dengan menggunakan cup dapat meminimalkan risiko bayi tersedak aliran botol.

3. Sendok

Menyusui dengan sendok bisa menjadi cara yang bagus untuk memberikan susu dalam jumlah kecil pada bayi. Bunda pun dapat mencobanya pada bayi dalam memberikan ASIP di awal-awal ya, Bunda.

4. Suntikan

Pemberian ASIP melalui suntikan dapat digunakan untuk membangunkan bayi jika hanya beberapa tetes yang digunakan. Suntikan yang dimaksud di sini tentu khusus ya Bunda dan tanpa jarum.

Tetapi patut Bunda pahami bahwa ada beberapa kelemahan terkait metode ini ya, Bunda. Di antaranya yakni dapat menghasilkan konfigurasi bibir yang mengerucut, tidak memfasilitasi bayi, dan tidak memungkinkan bayi untuk mengontrol berapa banyak susu yang didapatkan.

Itulah beberapa tips berikan ASIP pada newborn ya, Bunda. Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

 

 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!