sign up SIGN UP search


menyusui

5 Ciri Bayi hanya Mengempeng saat Menyusu, Biasanya Mulutnya Tidak Bergerak Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 23 Nov 2021 20:40 WIB
ilustrasi menyusui Ilustrasi menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Si Kecil terlihat menyusu lama tapi kok mulutnya tidak bergerak-gerak seperti biasanya ya? Hmm.. bisa jadi ini ciri bayi hanya mengempeng saat menyusu nih, Bunda! Wah, bagaimana cara menghentikan kebiasaan tersebut? 

Sebagai ibu baru sering kali masih sulit mengetahui pola menyusui dan kebiasaan bayi saat menyusu. Termasuk ketika bayi Bunda ternyata hanya mengempeng saja saat menyusu. Alhasil, tidak ada ASI yang tersedot karena mereka hanya ingin menempel karena merasa nyaman saja atau sekadar mengantuk dan ingin tertidur.

Ya, bayi mengempeng memang kerap ditemui para Bunda menyusui ya. Mungkin saja kita berpikir bahwa ketika bayi menyusu, mereka akan menyedot dengan maksimal ASI di payudara Bunda. Tetapi kenyataannya memang tidak demikian ya, Bunda. Karena sering kali ciri bayi hanya mengempeng saat menyusu juga kerap ditemui.


Kalau sering terjadi, bukan saja payudara yang membengkak karena ASI tak tersedot ya, Bunda. Tetapi juga penambahan berat badan yang tak terjadi dengan maksimal pada bayi. Serta, produksi ASI di payudara Bunda juga tidak berjalan baik karena payudara tidak kosong dengan maksimal.

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Memang ya, Bunda, ciri bayi hanya mengempeng saat menyusu sering tak disadari. Apalagi, kalau Bunda yang menyusui sambil rebahan. Tentu tidak akan terasa dan Bunda tidak mendapati bahwa rahang bayi Bunda tidak bergerak layaknya menelan ASI.

Bunda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini, ya. Sesungguhnya, ketika bayi hanya mengempeng saat menyusu mungkin karena mereka ingin merasa dekat dengan Bunda, menikmati kehangatan dan merasakan kenyamanan payudara Bunda tanpa aksi mengisap payudara padahal sebenarnya hanya mengempeng ya, Bunda.

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan selengkapnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang senam lidah untuk bayi tongue tie di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



5 CIRI BAYI HANYA MENGEMPENG SAAT MENYUSU, BIASANYA MULUT SI KECIL ENGGAK BERGERAK, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!