sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Coba 4 Cara Ini Bila Puting Payudara Mulai Terasa Nyeri saat Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 18 Nov 2021 11:57 WIB
Ilustrasi menyusui caption

Jakarta - Timbulnya rasa nyeri saat puting payudara saat menyusui memang membuat Bunda kewalahan ya. Kondisi ini sebenarnya umum dialami oleh para Bunda menyusui, tapi tetap tak boleh diabaikan begitu saja ya, Bunda.

Puting payudara sakit biasanya terjadi di masa-masa awal menyusui. Bunda memang tak perlu mengkhawatirkannya secara berlebihan karena biasanya akan membaik dengan sendirinya kok.

Munculnya rasa sakit atau nyeri pada puting payudara pun sebenarnya merupakan gejala yang normal. Rasa nyeri tersebut biasanya hanya terjadi sekitar satu menit ketika bayi menempel pertama kali pada payudara.


Namun, bila rasa sakit terus-menerus muncul setelah sembuh, itu mungkin menandakan adanya masalah serius dan harus segera diobati. Apalagi, bila muncul masalah lain seperti puting pecah-pecah, puting berdarah, hingga memar.

Secara umum, kondisi itu biasanya disebabkan pelekatan yang kurang tepat, refleks let-down yang buruk, puting terbalik, dan masalah lainnya. Seperti misalnya bayi hanya mengisap untuk kenyamanan semata tanpa pelekatan yang tepat, atau menarik mulut bayi menjauh dari payudara tanpa terlebih dahulu memutus isapannya, seperti dikutip dari laman Mottchildren.

Banner pola makan rumahan

Jika dokter mengatakan hal itu normal, Bunda dapat mengonsumsi asetaminofen sekitar 30 menit sebelum menyusui. Pastikan juga mulut bayi menempel dengan benar ke payudara. Dan, untuk meminimalkan ketidaknyamanan selama menyusui, mulailah menyusui di sisi yang tak terlalu sakit selama beberapa menit pertama, lalu beralih ke sisi lain. 

Bunda juga dapat memerah ASI dari payudara tepat sebelum menyusui. Ini dapat membantu refleks let-down dan melembutkan puting sehingga bayi dapat dengan mudah menempel. Atau, bisa juga dengan mengubah posisi bayi setiap kali menyusu. Ini dapat mengubah tekanan dari mulut bayi ke bagian payudara yang berbeda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 8 manfaat menyusui untuk Bunda, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker:

[Gambas:Video Haibunda]



4 PERAWATAN SAAT PUTING PAYUDARA SAKIT, JANGAN DIBIARKAN BEGITU SAJA YA, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!