sign up SIGN UP search


menyusui

Susu Kedelai Aman kok Diminum saat Menyusui, Ini Takaran Pasnya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 08 Dec 2021 08:16 WIB
Minum Susu Bisa Bikin Langsing? Ini Faktanya caption

Jakarta - Menyusui menjadi masa-masa yang membutuhkan nutrisi lebih karena tubuh Bunda memerlukan energi untuk menyusui Si Kecil setiap harinya. Selain makan makanan bergizi, Bunda juga bisa lho mengambil manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui.

Berbicara mengenai susu kedelai, memang asupan ini menjadi salah satu protein yang baik untuk ibu menyusui. Walaupun, mungkin selama ini Bunda kerap mendengar bahwa susu kedelai tidak direkomendasikan dikonsumsi saat menyusui, tetapi sebenarnya manfaat susu kedelai untuk  ibu menyusui juga tak bisa dianggap sebelah mata.

Sebenarnya, ada banyak manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui terutama bagi Bunda yang menyusui lebih lama dari waktu rata-rata. Seperti diketahui bahwa tujuan utama menyusui ialah menguatkan bonding antara ibu dan bayi. Ikatan yang lebih kuat akan memberikan Bunda dan bayi terhadap perlindungan terhadap banyak penyakit, termasuk pilek, influenza, dan bahkan alergi.


Satu-satunya masalah yang biasanya muncul ialah sebagian Bunda yang menyusui memiliki alergi terhadap protein susu sapi (yang merupakan protein umum yang ditemukan dalam ASI). Untuk itulah, susu kedelai dikembangkan sebagai alternatif sumber protein berkualitas tinggi dimana banyak busui yang memang lebih cocok dan merasakan manfaatnya.

Banner Wanita Pontianak Nikahi BuleBanner Wanita Pontianak Nikahi Bule/ Foto: haibunda.com/Wishfa Hafshah

Meski manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui penting, risiko yang muncul dengan mengonsumsi susu ini memang banyak membuat para ibu menyusui menghindarinya. Ini karena kedelai mengandung fitoestrogen yang dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh. 

Selama ini, kedelai memang merupakan bahan yang cukup kontroversial untuk dimasukkan dalam asupan busui. Kandungan fitoestrogen yang berpotensi menyebabkan infertilitas dan meningkatkan kanker payudara pada orang dewasa membuat asupan ini banyak dihindari. Selain itu, ditemukan juga bahwa susu kedelai mengganggu fungsi endokrin yang dapat menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan, dan ketidakseimbangan hormon lainnya.

Oh ya, Bunda, isoflavon kedelai juga terbukti menyebabkan masalah pada orang dewasa dengan tingkat konsumsi yang sangat rendah. Karena itu, bayi yang mengonsumsinya memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak pula video tentang resep puding susu kedelai di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



SEBERAPA BANYAK BOLEH DIKONSUMSI? KETAHUI YUK MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU MENYUSUI!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!