sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Waspadai Gejala Kanker Payudara yang Mungkin Bersamaan dengan Mastitis

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 25 Nov 2021 18:05 WIB
Ilustrasi kanker payudara Ilustrasi kanker payudara/Foto: iStock

Jakarta - Mastitis adalah salah satu tantangan yang mungkin bisa dialami ibu menyusui. Mastitis atau infeksi pada payudara tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi juga kekhawatiran. Karena, Bunda yang menderita infeksi tersebut kerap khawatir hal itu berkaitan dengan gejala kanker payudara yang mungkin terjadi bersamaan dengan gejala mastitis.

Bunda, mastitis memang belum terbukti dapat menyebabkan kanker, tetapi, sebagian penelitian menunjukkan adanya kaitan antara dua kondisi itu. Pada dasarnya, infeksi payudara tidak langsung menyebabkan kanker. Meski begitu, tetaplah waspada terhadap gejala penyakit apa pun yang dialami payudara.

"Karena itu, pemeriksaan intensif terhadap gejala apa pun diperlukan untuk memastikan tidak ada kanker di payudara," ujar Dr Ananya Mandal, MD, seperti dikutip dari laman News Medical.


"Risiko kanker payudara secara signifikan lebih rendah pada ibu menyusui jika dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui. Dan, tidak ada peningkatan risiko seumur hidup dengan meningkatnya tahapan mastitis," ujarnya.

Banner Ricky Soebagdja dan istriBanner Ricky Soebagdja dan istri/ Foto: HaiBunda/Mia

Memang ya, Bunda, busui tidak sepenuhnya bebas dari gejala mastitis dalam waktu 5 minggu setelah diagnosis. Bunda pun harus diperiksa secara menyeluruh untuk mengetahui adanya kanker payudara. Gejala lain yang patut diwaspadai saat menderita mastitis yakni keluarnya cairan dari puting susu, payudara keras atau adanya benjolan di payudara, serta payudara kemerahan dan bengkak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko kanker payudara noninflamasi meningkat dalam satu tahun berkembangnya mastitis yang tidak terkait dengan kehamilan atau menyusui. Bentuk mastitis ini disebut sebagai mastitis nonpuerperal. Dalam kondisi itu, perawatan tindak lanjut khusus dianjurkan untuk memantau pasien menggunakan teknik preventif skrining.

Karena itu, jika Bunda merasakan ada gejala yang semakin memburuk, tak ada salahnya untuk segera berkonsultasi pada dokter guna mendapatkan penanganan dengan tepat sedini mungkin. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang penyebab busui alami mastitis berulang di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



APAKAH MASTITIS DAPAT MENYEBABKAN KANKER?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!