sign up SIGN UP search

menyusui

Bentuk Payudara Jadi Miring saat Menyusui, Normalkah Bun?

Nisa Hayyu Rahmia Minggu, 14 Nov 2021 19:40 WIB
ilustrasi kanker payudara Ilustrasi ibu menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Setelah melalui proses persalinan, Bunda harus masih berjuang demi Si Kecil dengan memberikannya ASI. Saat menjalaninya, Bunda mungkin akan mengalami beberapa kendala, salah satunya payudara yang terlihat miring atau besar sebelah.

Bunda mungkin mempertanyakan, apakah hal tersebut merupakan sesuatu yang normal atau tidak? Melansir dari Kelly Mom, payudara yang terlihat asimetris dapat dialami beberapa ibu menyusui. Ini tidak akan menjadi masalah selama tidak mengganggu bayi ataupun Bunda sendiri.

Payudara miring sebelah biasanya disebabkan Si Kecil terlalu sering menyusu di payudara tersebut. Kadang-kadang bayi akan menolak atau rewel pada payudara yang aliran susunya lebih lambat atau terlalu kuat. Biasanya, bayi akan memilih sisi yang lebih atau justru kurang cepat turun dengan pasokan lebih melimpah.


Mengapa hal ini bisa terjadi?

Payudara yang miring sebelah dan perbedaan suplai serta aliran ASI dapat disebabkan beberapa faktor, di antaranya: 

  • Perbedaan anatomi. Semua ibu memiliki satu payudara yang memiliki lebih banyak saluran kerja dan alveoli daripada yang lain, biasanya payudara di sisi kiri. Beberapa ibu juga memiliki perbedaan antara kedua areola/puting (terbalik, rata, berbeda bentuk/ukuran) yang membuat bayi lebih mudah menempel pada satu sisi daripada sisi lainnya.
  • Preferensi bayi untuk satu sisi. Sebagian besar bayi memiliki preferensi sampingan sampai batas tertentu. Sejak awal, bayi Anda mungkin merasa lebih nyaman digendong di satu sisi dan oleh karena itu menyusuinya lebih efisien dan/atau lebih sering.
  • Preferensi Bunda untuk satu sisi. Selain bayi, Bunda secara sadar ataupun tidak sadar, mungkin menawarkan satu sisi lebih dari yang lain karena merasa lebih nyaman menyusui di sisi itu.
  • Operasi payudara atau cedera. Jika satu payudara pernah dioperasi atau terluka, suplai dan aliran ASI Bunda pun dapat terpengaruh.
Banner Ricky Soebagdja dan istriBanner Ricky Soebagdja dan istri/ Foto: HaiBunda/Mia

Apabila Si Kecil tetap tak ingin menyusui di sisi satunya dalam waktu yang lama, bisa jadi karena ia mengalami cedera lahir yang tidak diketahui sebelumnya dan menyebabkan ia tidak merasa nyaman saat berada dalam posisi menyusui tertentu.

Namun, apabila buah hati Bunda tidak ingin menyusu di satu sisi tertentu secara tiba-tiba, masalah yang lebih serius bisa jadi terjadi. Seperti infeksi telinga, cedera, atau penyakit lain pada bayi dan membuat menyusui menjadi menyakitkan atau tidak nyaman.

Selain pada bayi, bisa jadi Bunda yang mengalami infeksi payudara yang membuat ASI terasa asin. Jika semua kemungkinan penyebab lain telah Bunda singkirkan dan bayi terus menolak di satu sisi, pertimbangkan untuk menemui dokter ya, Bunda.

Setelah mengetahui penyebabnya, terdapat cara untuk membuat payudara terlihat rata dan tidak miring. Klik baca halaman selanjutnya, yuk.

Simak juga video tentang 7 gerakan olahraga untuk kencangkan payudara pascamenyusui di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



PAYUDARA MIRING SEBELAH: CARA MERATAKANNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!