sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Diet Aman untuk Ibu Menyusui, Dijamin ASI Tetap Banjir Nih Bun

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 02 Oct 2021 08:15 WIB
Ilustrasi ibu menyusui makan makanan bervitamin caption

Jakarta - Ingin banget diet tapi lagi menyusui? Diet saat menyusui memang menimbulkan kekhawatiran ASI jadi menyusut deh. Hmm, jadi galau, ya. 

Tapi sebenarnya ada enggak sih, diet anti ASI seret, Bunda? Masa menyusui memang enggak bisa sembarangan melakukan berbagai hal ya, Bunda. Termasuk melakukan diet yang dapat berakibat pada menurunnya pasokan ASI.

Di satu sisi, Bunda tetap ingin diet dengan alasan kesehatan, tetapi di sisi lain, pasokan ASI yang maksimal menjadi prioritas utama untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil.


Nah, berbicara tentang diet saat menyusui, sebenarnya hal itu tetap bisa dilakukan kok, Bunda. Asalkan, Bunda tidak melakukannya sembarangan dan tetap memperhatikan nutrisi harian untuk menunjang ASI yang berkualitas.

Banner Pria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji BesarPria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji Besar/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Perlu Bunda tahu bahwa jika Bunda ingin melakukan diet anti ASI seret, Bunda perlu mengikuti piramida makanan guna memastikan tubuh mendapatkan jumlah makanan bergizi yang tepat selama menyusui. 

Bunda dapat menyertakan berbagai kelompok makanan seperti, biji-bijian, sayuran, buah, susu, dan makanan berprotein seperti daging, unggas, makanan laut, telur atau kacang-kacangan.

Kemudian, langkah diet anti ASI seret yang perlu Bunda lakukan juga yakni dengan tetap mempertahankan jadwal makan yang teratur. Ingat ya, Bunda, sebagai ibu menyusui Bunda juga harus menjaga jadwal makan yang teratur. Jangan pernah melewatkan makan bahkan ketika berhadapan dengan jadwal yang padat.

Infografis Tips Diet ala Citra KiranaInfografis Tips Diet ala Citra Kirana/ Foto: HaiBunda

Sarapan misalnya, mungkin tampak sepele tetapi sebaiknya jangan dilewatkan ya, Bunda. Serta, pastikan Bunda memiliki menu sarapan dengan menu gizi seimbang. Misalnya menambahkan buah pada sereal atau buah kering dan granola dengan yogurt tanpa lemak.

Oh ya, Bunda, sebaiknya Bunda juga menyertakan multivitamin setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. 

"Pikirkan tentang asam folat dan pastikan Bunda mengonsumsi multivitamin setiap hari untuk mendapatkan mineral ini, serta nutrisi lain yang Bunda dan buah hati perlukan," ujar Willow Jarosh, R.D, owner dari C & J Nutrition di New York.

Dengan memenuhi kebutuhan multivitamin yang cukup tentunya tidak akan membuat Bunda stres karena asupan makanan dan nutrisi harian Bunda dapat terpenuhi dengan baik.

Selain tips di atas, beberapa langkah dalam diet anti ASI seret lainnya juga bisa Bunda jadikan panduan ya. Berikut ini di antaranya ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Mustelausa:

1. Makan banyak buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan asupan penting sejak kehamilan, menyusui, dan lainnya. Buah-buahan menyediakan vitamin seperti B1, B2, B6, dan vitamin C, di mana membantu Bunda tetap sehat dan diperlukan untuk meningkatkan produksi ASI.

2. Protein tanpa lemak sangat membantu

Protein tanpa lemak menyediakan sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh dan tidak tersedia di sebagian besar makanan. Sumber protein tanpa lemak termasuk makanan ada dalam bayam, ikan, telur, susu, yogur, keju, dan kedelai.

Klik di halaman selanjutnya ya untuk tips diet aman agar ASI ibu menyusui tidak seret.

Simak juga tips diet dari Yulia Baltschun dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



7 TIPS DIET YANG ENGGAK BIKIN ASI SERET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!