sign up SIGN UP search


menyusui

Viral ASI Berubah Warna Jadi Pink, Ternyata Ini Lho Bun Penyebabnya

Annisa Karnesyia Rabu, 24 Nov 2021 19:40 WIB
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. Ilustrasi ASI Berubah Warna/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Air Susu Ibu (ASI) adalah nutrisi pertama yang diberikan pada bayi baru lahir. Seperti namanya, ASI umumnya berwarna putih layaknya susu formula.

Tapi tahukah Bunda, ASI ternyata bisa berubah warna lho. Belum lama ini, seorang Bunda bernama Jo Johnson asal Amerika menjadi viral di TikTok usai mengunggah video warna ASI miliknya yang berwarna pink seperti susu strawberry.

Jo Johnson tampak memegang wadah ASI plastik yang berisi ASI miliknya. Ia lalu membandingkan dua ASI yang berwarna putih dan pink.


"Tidak ada yang pernah memberitahu ketika saya memiliki seorang bayi, dan ketika saya menyusuinya, ASI saya akan berubah warna," katanya, dikutip dari 7News.

"Pasti pada penasaran kenapa warna ASI bisa berubah? Apakah kalian benar-benar ingin tahu? ASI bisa berwarna seperti ini karena darah, tapi bayi tetap bisa meminumnya dan itu terserah dari ibunya saja," ujarnya.

Warna ASI memang bisa berubah, Bunda. Hal ini wajar, sehingga Bunda enggak perlu khawatir untuk menyusui anak kembali ya.

"Meski mungkin ini mengejutkan dan menakutkan untuk dilihat, itu semua masih dianggap normal. Perubahan warna ASI bisa berkaitan dengan pola makan dan tidak berbahaya," kata perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN, dikutip dari Very Well Family.

Warna ASI bisa berubah seiring waktu. Namun, ada pula warna ASI yang berubah dalam satu hari atau bahkan dalam satu waktu pemberian ASI.

Dalam kebanyakan kasus, berubahnya warna ASI bukan pertanda buruk. Tapi bila Bunda khawatir, bisa segera konsultasikan ke dokter atau pakar laktasi ya.

Setiap perubahan warna ASI memiliki arti berbeda, Bunda. Apa saja arti warna dan penyebabnya ya?

Baca halaman berikutnya yuk.

Simak juga 4 tanda bayi kenyang ASI, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ARTI WARNA ASI DAN PENYEBABNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!