sign up SIGN UP search

menyusui

ASI Foremilk dan Hindmilk, Apa Perbedaan dan Manfaatnya untuk Si Kecil? Cari Tahu yuk Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 16 Nov 2021 19:20 WIB
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background Ilustrasi ASI perah/Foto: iStock

Jakarta - Saat bergelut dengan dunia menyusui, Bunda mungkin pernah mendengar istilah foremilk dan hindmilk. Tetap, mungkin banyak Bunda yang kurang tahu nih, apa sih definisi keduanya dan apa perbedaannya.   

Banyak yang beranggapan, dengan adanya dua jenis susu itu, payudara yang menghasilkan jenis susu yang berbeda. Padahal, tidaklah demikian ya, Bunda. 

Sesungguhnya, sel-sel pembuat susu di payudara semuanya menghasilkan jenis susu yang sama. Foremilk merupakan susu yang tersedia saat bayi mulai menyusu. Sementara itu, hindmilk merupakan susu yang didapat bayi di akhir menyusui.


"ASI yang didapat bayi pada awal sesi menyusui disebut foremilk, bentuknya lebih encer dan bervolume tinggi tetapi rendah lemak. Saat proses menyusui berlangsung, kandungan lemak susu meningkat dengan stabil seiring dengan penurunan volume. Susu menjelang akhir menyusui volumenya rendah tetapi tinggi lemaknya dan disebut hindmilk," ujar Nancy Mohrbacher, IBCLC, FILCA, seorang spesialis laktasi, seperti dikutip dari laman Thebump.

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Bunda perlu tahu nih, meskipun ada dua nama berbeda untuk kedua jenis susu tersebut, tidak ada momen ajaib terjadi ketika foremilk menjadi hindmilk ya. Saat bayi menyusu, peningkatan kandungan lemak terjadi secara bertahap sehingga susu menjadi lebih kental dari waktu ke waktu saat bayi semakin dekat untuk mengosongkan payudara atau sesi akhir menyusui.

Kemudian para Bunda menyusui pun khawatir apakah kebutuhan Si Kecil akan kedua jenis susu itu bisa terpenuhi dengan baik? Tak perlu khawatir ya Bunda. Untuk penjelasan lengkapnya, silahkan klik halaman berikutnya ya.

Simak juga video tentang 9 vitamin untuk Bunda menyusui, bisa sebagai pelancar ASI juga.

[Gambas:Video Haibunda]



APA SIH PERBEDAAN ASI FOREMILK DAN HINDMILK?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!