sign up SIGN UP search


menyusui

4 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Busui agar ASI Lancar Terus

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 03 Dec 2021 10:32 WIB
Ilustrasi ibu menyusui atau menggendong bayi caption

Jakarta - ASI yang lancar jaya tentu jadi keinginan semua ibu menyusui. Karena bila ASI mulai seret, duh akan ada banyak efeknya ya Bunda, seperti bayi kurang nutrisi atau payudara yang bengkak.

Nah, supaya enggak ada masalah di tengah jalan, cari tahu yuk, apa saja makanan pantangan busui agar ASI bisa terus lancar.

Secara umum, ibu menyusui memang tetap dapat melakukan berbagai hal dan mengonsumsi aneka makanan. Meski demikian, ada juga beredar pantangan yang sebaiknya tak dilakukan kalau ingin ASI-nya lancar.


Meski demikian, ibu menyusui memang penting mematuhi pantangan busui agar ASI lancar. Salah satunya dengan makan makanan yang seimbang dan bervariasi. 

Menurut Jamila H Ricchardson, BSN, RN, IBCLC, seperti halnya saat hamil, makan buah dan sayuran, biji-bijian, protein, serta makanan kaya kalsium sangat penting. Busui membutuhkan sekira 450 hingga 500 kalori ekstra per hari saat menyusui, seperti dikutip dari laman Kidshealth.

"Sangat penting untuk mendapatkan cukup yodium dan mineral penting saat menyusui," katanya.

Banner Nola B3 Melahirkan di Usia 43 TahunBanner Nola B3 Melahirkan di Usia 43 Tahun/ Foto: HaiBunda/Mia

Bunda pun dapat menambahkan suplemen dengan 150 mikrogram yodium per hari dan makan makanan tinggi yodium seperti makanan laut dan produk susu. 

Perlu Bunda tahu bahwa makanan seperti kacang-kacangan, brokoli, kembang kol, atau beberapa produk susu dapat menyebabkan bayi lebih rewel, kembung, atau kolik. 

Makanan seperti susu sapi, kedelai, gandum, jagung, gandum, telur, kacang-kacangan, kacang tanah, ikan, dan kerang juga dapat berisiko menimbulkan alergi pada bayi.

Untuk itu, ada baiknya Bunda memerhatikan reaksi bayi usai mengonsumsi makanan tersebut. Dan, segera hubungi dokter jika alergi yang muncul semakin parah.

Buatlah jurnal tentang apa yang Bunda makan dan minum serta reaksi yang dialami bayi. Ini tentunya akan membantu dokter dalam menentukan apa masalah makanan yang memicu timbulnya alergi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang pijat oksitosin agar ASI semakin lancar di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



4 PANTANGAN BUSUI AGAR ASI LANCAR TERUS, SIMAK YA BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!