sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Tape Mampu Bantu Lancarkan ASI? Ini Faktanya Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 07 Dec 2021 09:11 WIB
Tape singkong caption

Jakarta - Rasa tape atau tapai yang manis dan sedikit asam memang perpaduan yang pas ya, Bunda. Tak mengherankan bila banyak orang yang menyukai makanan ini termasuk para ibu menyusui.

Namun, banyak yang beranggapan makanan tersebut memang perlu dihindari oleh ibu menyusui. Karena, ada sensasi panas dari tape ketika dimakan sehingga dikhawatirkan akan mengganggu produksi ASI untuk buah hati.

Tetapi, tak sedikit juga para busui yang tak meyakini anggapan tersebut karena justru merasa baik-baik saja dengan produksi ASI mereka meskipun mengonsumsi tape.


"Makanan fermentasi biasanya mengandung lactobacillus yang tinggi. Sehingga, makanan ini mungkin memiliki efek yang sama dengan suplemen probiotik," ujar Katrina Pace, seorang ahli diet, seperti dikutip dari laman Healthyfood.

Meskipun tampak aman-aman saja, mengonsumsinya diperlukan kehati-hatian, terutama karena makanan fermentasi biasanya merupakan buatan sendiri. Karena, ada risiko terpapar bakteri berbahaya yang tumbuh secara tidak sengaja, meski ada pula kandungan bakteri baiknya.

Banner Tanaman Hias Pengusir NyamukBanner Tanaman Hias Pengusir Nyamuk/ Foto: HaiBunda/Mia

Di sisi lain, makanan fermentasi seperti tape yang memiliki sensasi asam juga dapat membantu memperkenalkan rasa asam pada buah hati. 

Banyak anak mengonsumsi makanan olahan yang sangat manis dan asin. Dengan memberikan makanan fermentasi kepada bayi sejak usia dini setelah mereka mulai mengonsumsi makanan padat, sebenarnya dapat mengurangi keinginan anak untuk mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, seperti dikutip dari laman Ohmybabynutrition.

Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan kaya probiotik merupakan salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan. Seperti diketahui, ASI mengandung lemak dan bakteri sehat tetapi makanan yang paling sering diberikan pada bayi tidak memiliki keduanya. 

Makanan fermentasi merupakan makanan yang berfungsi sebagai obat. Makanan ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mendukung kekebalan tubuh, dan benar-benar meningkatkan kandungan nutrisi makanan.

Apalagi, makanan fermentasi menawarkan bakteri baik yang jauh lebih beragam dan meningkatkan variasi baik yang lebih luas di usus.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 5 booster alami untuk Bunda menyusui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



AMAN ENGGAK SIH, TAPE UNTUK BUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!