sign up SIGN UP search


menyusui

3 Perubahan Aroma dan Tekstur yang Menandakan ASI Sudah Basi

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 10 Dec 2021 21:02 WIB
ASI Perah caption

Jakarta - Walau pun mampu bertahan lama disimpan di freezer ternyata risiko ASI basi juga bisa terjadi lho, Bunda. Kenali yuk, ciri ASI yang sudah basi agar tak dikonsumsi Si Kecil, Bunda.

Ciri ASI basi mungkin tak semua Bunda menyadarinya. Seringnya, bagi Bunda yang memompa ASI, begitu ASI disimpan di freezer, mereka jarang memperhatikan apakah ASI tampak tak lagi berkualitas atau tidak. Setelah diturunkan ke suhu ruang, para Bunda menyusui biasanya langsung memberikannya kepada Si Kecil.

Padahal nih, Bunda, sering kali ASI basi juga bisa mengintai lho, Bunda. Daripada hasil kerja keras Bunda memompa ASI sia-sia, lebih baik kenali ciri ASI basi dan perhatikan penyimpanan ASI yang benar agar ASI tetap berkualitas ya, Bunda.


Tidak seperti susu sapi, ASI akan rusak jika dibiarkan di tempat terbuka, Bunda. Atau, saat disimpan di lemari es lebih lama dari seharusnya pun, ASI memiliki potensi rusak atau basi, menurut CDC, seperti dikutip dari laman Romper.

"Rekomendasinya yakni tidak lebih dari empat jam pada suhu kamar untuk ASI tetap segar dan satu hingga dua jam untuk ASI yang dicairkan," kata Molly Petersen, seorang konselor laktasi di Lansinoh.

Banner Menu Olahan TelurBanner Menu Olahan Telur/ Foto: HaiBunda/Mia

Namun, waktu penyimpanan mungkin akan berubah setelah ASI disimpan di lemari es atau freezer usai dipompa. Biasanya, ASI yang dipompa dapat bertahan sekira empat hari di lemari es. 

Selain itu, ASI yang dibekukan di freezer dapat bertahan hingga empat bulan dan bertahan hingga 12 bulan dalam deep freezer. Meski demikian, setelah Bunda mengeluarkannya dari freezer, waktunya berubah lagi ya.

Usai dicarikan dan semua kristal es mencair, ASI dapat digunakan dalam waktu 24 jam sebelum dibuang dan dinginkan di antara waktu penggunaan karena hanya bisa bertahan pada suhu ruang hingga dua jam saja.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 3 cara tepat menghangatkan ASI di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



3 CIRI ASI BASI, KENALI DARI AROMA & TEKSTUR YANG BERUBAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!