sign up SIGN UP search


menyusui

Meski Sibuk Menyusui, Tetap Perhatikan Perawatan Payudara ya Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 21 Dec 2021 14:46 WIB
Young mother, holding her sick toddler boy, breastfeeding him at home, sunny living room caption

Jakarta - Fokus menyusui memang sah-sah saja ya, Bunda. Tetapi, jangan lupakan untuk tetap melakukan perawatan payudara busui ya, Bunda. Selain menjaga aset tetap indah, perawatan payudara busui juga dapat menunjang kelancaran menyusui, Bunda.

Di awal-awal, pengetahuan mengenai perawatan payudara busui mungkin jarang diketahui para ibu baru. Hal ini wajar saja kok, Bunda. Seiring dengan waktu, Bunda dapat mencari tahu saat konseling dengan dokter atau konsultan laktasi ataupun dari buku dan komunitas.

"Untuk seorang ibu baru, keterampilan menyusui memang tidak bisa didapatkan begitu saja. Maka itu, wajar saja bila seorang ibu yang baru melahirkan akan disibukkan dengan upayanya menyusui bayi sehingga mereka pun tidak memedulikan diri mereka sendiri," ujar Jan Wenk, IBCLC, seorang konselor laktasi di NYU Medical Center di New York City, seperti dikutip dari laman WebMD.


Tak adanya pengalaman memang membuat ibu baru merasa canggung dan tidak nyaman dengan pengalaman menyusui. Termasuk bila lupa atau mengesampingkan melakukan perawatan payudara busui yang sebelumnya tak pernah menjadi rutinitas.

Tetapi tak perlu khawatir ya, Bunda karena berbekal pengetahuan dan sedikit kesabaran, Bunda pun dapat dengan mudah menguasai seni menyusui sekaligus perangkat pendukung menyusui guna meningkatkan kenyamanan selama menyusui.

Oh ya, Bunda, berbicara mengenai seni menyusui, hal yang tak boleh terlupakan selain keterampilan menyusui yakni bagaimana Bunda juga terampil melakukan perawatan payudara busui.

Banner Menu Olahan TelurBanner Menu Olahan Telur/ Foto: HaiBunda/Mia

Bunda perlu tahu bahwa payudara sedianya banyak berubah selama kehamilan dan menyusui. Areola Bunda mungkin menjadi lebih gelap dan membesar serta hormon kehamilan memicu jaringan pembuat ASI di payudara untuk tumbuh dan bersiap memproduksi ASI. Kemudian, setelah melahirkan, produksi ASI akan meningkat dan payudara mulai penuh dengan ASI.

Saat menyusui atau memompa ASI, payudara tidak memerlukan perawatan khusus. Tetapi, perawatan dan kebersihan yang tepat sangatlah penting untuk membantu Bunda merasa lebih nyaman dan mencegah beberapa masalah menyusui yang kerap menghampiri seperti infeksi atau puting yang sakit, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga video tentang memanfaatkan kubis untuk mengatasi payudara bengkak di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



5 PERAWATAN PAYUDARA BUSUI YANG TAK BOLEH DILUPAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!