sign up SIGN UP search


menyusui

2 Obat Pelancar ASI yang Aman dan Bisa Dibeli di Apotek

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 27 Dec 2021 10:23 WIB
Women and pills she think about her health at home caption

Jakarta - Permasalahan ASI seret selalu jadi hambatan klasik para ibu menyusui. Tak jarang, untuk mengatasinya, banyak busui pun mengandalkan obat pelancar ASI yang dijual bebas di apotek.

Pasca persalinan, menyusui menjadi tantangan selanjutnya yang akan dihadapi para Bunda. Hanya mengandalkan makanan dalam asupan harian mungkin dirasakan kurang 'nendang' sebagai booster ASI.

Seringnya nih, busui suka berburu obat atau suplemen di apotek yang dapat membantu permasalahan ASI seret. Memang sih suka agak tricky karena busui pada dasarnya tak dibolehkan sembarangan minum obat.


Apalagi, obat yang diresepkan dan dijual bebas memerlukan pengawasan medis dan dokter dapat memberitahu busui risiko dan manfaatnya sebelum mengonsumsinya.

Tetapi, ketika berbicara tentang teh, suplemen, dan herbal, biasanya asupan ini bisa dikonsumsi secara bebas ya, Bunda. Apalagi, di pasaran banyak beredar bebas dan masyarakat dapat membelinya secara mudah di mana saja.

"Masalahnya, belum ada bukti secara medis bahwa produk-produk herbal memang mampu meningkatkan produksi ASI," kata Kristy Goodman, obgyn physician assistant, seperti dikutip dari laman Healthline.

Karena itulah, setiap Bunda pun memiliki pengalaman yang berbeda-beda setelah mengonsumsinya, ada yang ASI-nya jadi deras atau justru biasa saja. "Jadi, sulit untuk mengetahui apakah produk itu membantu atau tidak," kata Goodman.

Banner Teh DietBanner Teh Diet/ Foto: HaiBunda/Mia

Bila ada seorang pasien yang bertanya tentang produk atau suplemen tertentu, Goodman cenderung menyarankan untuk mencobanya saja, tapi jika timbul gejala yang tak biasa sebaiknya segera dihentikan. 

Sementara itu, selain produk herbal atau suplemen pelancar ASI, busui juga kerap mengandalkan obat pelancar ASI di apotek. Ada dua obat yang selama ini dikenal mampu meningkatkan produksi ASI.

1. Domperidone

Salah satu obat yang sering diandalkan para busui yakni domperidone, seperti dikutip dari laman Children Health. Domperidone sebenarnya tidak dianjurkan untuk digunakan pada Bunda dengan aritmia jantung dan BUnda yang menggunakan obat apa pun yang dapat menyebabkan aritmia jantung.

Jika Bunda sedang mengonsumsi obat lain, termasuk obat pelengkap seperti vitamin, herbal, aromaterapi, dan produk homeopathic, sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum menggunakan domperidone.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak pula video tentang obat diare yang aman untuk ibu menyusui di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



ADAKAH OBAT PELANCAR ASI DI APOTEK YANG AMAN DIKONSUMSI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!