sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips agar Busui Tak Merasa Stres bila Produksi ASI Berkurang

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 10 Dec 2021 08:15 WIB
Tired mother holding her newborn child at home after tying to pump. caption

Jakarta - Tak dipungkiri, tidak sedikit Bunda yang mengalami serangan selama menyusui. Terlebih memang ada banyak tantangan dan hambatan yang harus dilalui agar program menyusui berjalan sukses. 

Sedih banget mendengarnya, apalagi kalau penyebabnya Bunda merasa bersalah karena ASI mereka sedikit ya. Padahal, itu bukan sepenuhnya kesalahan Bunda dan ada banyak cara kok untuk mengatasinya.

Berbagai faktor memang dapat memicu depresi pada ibu menyusui, Bunda. Tidak saja ketika aliran ASI minim tetapi juga berbagai masalah lainnya seperti payudara bengkak, puting pecah, pelekatan yang buruk dan lainnya.


Semua hal itu sebenarnya memberikan dampak serius pada busui. Seringnya nih, banyak busui yang enggak menyadari kalau dampak tersebut dapat memengaruhi faktor aliran ASI dan membuat proses menyusui terhambat.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa depresi mengganggu menyusui. Wanita pascamelahirkan yang menderita depresi lebih kecil kemungkinannya untuk menyusui dan mereka biasanya menyusui untuk durasi yang lebih pendek daripada ibu yang tidak depresi," ujar Diane DiTomasso, PhD, RN, spesialis laktasi seperti dikutip dari laman Romper.

Menariknya, di sisi lain, menyusui sebenarnya dapat memiliki efek positif pada gejala depresi lho, Bunda. Ada beberapa bukti bahwa menyusui melindungi dari depresi atau dapat membantu pemulihan gejala yang lebih cepat, sambung DiTomasso.

Banner Menu Olahan TelurBanner Menu Olahan Telur/ Foto: HaiBunda/Mia

Kelihatannya memang seperti situasi ular yang memakan ekornya. Tetapi, menyusui memang dapat membuat ibu menyusui merasa lebih baik. Walau demikian, apa pun situasinya, depresi memang perlu dilawan dan memastikan bahwa busui mencari bantuan yang tepat untuk mengatasi kondisi yang dialaminya.

Gejala depresi sendiri biasanya muncul dari  kehilangan nafsu makan, menangis berlebihan, perubahan suasana hati yang ekstrem, hingga perasaan putus asa secara luas.

"Busui perlu didorong untuk mencari pengobatan untuk gejala depresi atau masalah dengan menyusui," kata Ditomasso. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak pula video tentang 5 ASI booster alami untuk Bunda menyusui di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS AGAR BUSUI TAK ALAMI STRES BILA PRODUKSI ASI BERKURANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!