sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Pilih Suplemen Aman untuk Ibu Menyusui & Cara Tepat Mengonsumsinya

Hilda Irach Jumat, 04 Dec 2020 19:26 WIB
Portrait of young beautiful asian mother with newborn baby in living room. Healthcare and medical love asia woman lifestyle mother's day concept with copy space. caption

Jakarta - Menjaga kesehatan sangat penting bagi ibu menyusui dan sang buah hati. Sebab, kebutuhan nutrisi si kecil masih bergantung pada ASI ibu. Jika Bunda tidak sehat, tentu akan berdampak pada kualitas produksi ASI yang tidak maksimal .

Padahal menyusui sangat penting untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Kandungan kolosturm pada ASI kaya akan nutrisi  seperti, protein, lemak, vitamin, mineral, dan sejumlah manfaat lainnya yang dapat mencukupi kebutuhan harian buah hati. Mengonsumsi ASI juga berperan penting dalam tumbuh kembang si kecil, Bunda.

Oleh karena itu, ada banyak cara meningkatkan kekebalan tubuh, Bunda. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.  Makanan sehat yang bergizi umumnya mengandung beragam nutrisi, termasuk vitamin dan mineral, yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.


Walaupun Bunda merasa sudah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, bisa saja lho makanan yang dikonsumsi ternyata belum cukup memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Atau Bunda malah tak memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsi, karena sibuk menyusui dan bekerja.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, tak ada salahnya nih, Bunda. Mempertimbangkan mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun apakah itu aman untuk ibu menyusui? Berikut hal yang perlu Bunda ketahui sebelum mengonsumsi suplemen vitamin:

1. Vitamin dan nutrisi apa yang dibutuhkan saat menyusui?

Mengonsumsi multivitamin menjadi suatu hal yang penting saat menyusui, Bunda.  Beberapa para wanita mengonsumsi vitamin saat pasca persalinan, guna mengembalikan energi agar  produksi ASI lebih maksimal. Ada beberapa nutrisi penting yang harus dipastikan ibu menyusui untuk mencukupi kebutuhan tiap harinya.

Melansir dari healthline, menurut Sherry Ross, MD, seorang dokter obgyn di Santa Monica, California, beberapa kandungan nutrisi yang  harus dipenuhi bagi seorang Ibu menyusui adalah, kandungan kalsium asam folat, yodium, besi,  vitamin A, vitamin B6,  vitamin B1, vitamin C, vitamin D, DHA - asam docosahexaenoic, sejenis lemak omega-3.

Sedangkan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan,  Bunda di haruskan meminum suplemen yang mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin B kompleks, probiotik, dan Zinc.

Beberapa suplemen yang mengandung echinacea dan elderberry, sebenarnya  juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, Bunda. Akan tetapi, berdasarkan penelitian yang dilakukan National Library of Medicine's Drug and Lactation Database, tidak ditemukan data tentang keamanan dan kemanjuran kandungan suplemen tersebut pada ibu menyusui atau bayi. 

Selain multivitamin atau suplemen tambahan, pemilihan makanan yang sehat dan gizi juga tak kalah penting, Bunda. Seorang konsultan laktasi, Mary Gollan, RD, menganjurkan untuk mengonsumsi buah, sayuran biji-bijian, protein, serta susu, dalam setiap makan untuk mendukung kekebalan tubuh saat menyusui. 

Kemudian untuk membantu meningkatkan energi  dan membantu melancarkan produksi ASI, American College of Obstetrics and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan ibu menyusui harus makan sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra sehari. Umumnya kalori yang dibutuhkan ibu menyusui adalah setara dengan 2.500 kalori per hari.

Untuk informasi selengkapnya, klik next ya, Bunda!

Simak juga pelekatan dan posisi menyusui yang benar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Alat Kontrasepsi



(rap/rap)
Suplemen untuk Ibu Menyusui, Keamanan dan Cara Tepat Mengonsumsinya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi