sign up SIGN UP search


menyusui

Jangan Panik Dulu, Ini 3 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 22 Dec 2021 11:10 WIB
Ilustrasi payudara bengkak caption
Jakarta -

Dalam dunia menyusui, paling sering kali dialami oleh Bunda baru adalah payudara yang membengkak. Apakah berbahaya ketika payudara mengalami pembengkakan? Apakah hal tersebut normal?

Jangan panik dulu, Bun! Karena pada hakikatnya payudara bengkak pada saat meng-ASI-hi adalah hal yang normal. Kita bahas lebih lanjut yuk supaya Bunda jelas dalam memahaminya.

Mengapa Payudara Bengkak Saat Menyusui?

Payudara mempunyai empat jaringan yaitu lemak, jaringan ikat, kelenjar, dan saluran susu. Penyebab dari bengkaknya payudara ketika menyusui, biasanya terjadi karena saluran susu pada payudara mengalami penyumbatan atau dapat juga disebabkan karena infeksi bakteri.


Banner Resep Masakan Rp20 ribuFoto: HaiBunda/Mia

Penyebab dari payudara bengkak adalah mastitis, yakni infeksi bakteri yang masuk pada jaringan payudara yang terluka tepatnya pada saluran ASI. Ketika terjadi pembengkakan pada payudara, biasanya Bunda akan mengalami nyeri pada area tersebut. Dalam kondisi ini, payudara akan terasa lebih hangat dan tekstur kulit menjadi kasar. Selain itu pembuluh darah pun jadi lebih jelas terlihat.

Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Tidak perlu khawatir saat payudara Bunda bengkak karena menyusui. Simak dulu beberapa langkah berikut ini yang dapat diberikan untuk mengatasi payudara bengkak:

1. Kompres dan pijat payudara

Ketika Bunda mengalami pembengkakan, baiknya memberikan kompres air hangat menggunakan handuk bersih selama beberapa menit secara bertahap. Lakukan ini sebelum Bunda mulai menyusui.

Ketika akan menyusui Si Kecil, Bunda dapat melakukan pemijatan secara perlahan. Dan, setelah Bunda menyusui Si Kecil ada baiknya untuk mengompres kembali menggunakan air dingin. Dalam mengompres dan memijat untuk dapat mengurangi penyumbatan, baiknya Bunda memberikan ASI kepada si kecil melalui payudara yang bengkak terlebih dahulu.

2. Kosongkan payudara

Salah satu penyebab bengkaknya payudara adalah ASI yang tidak kunjung dikeluarkan sehingga menumpuk. Untuk dapat mengurangi bengkak dan mengosongkan payudara, Bunda dapat melakukannya dengan menyusui Si Kecil secara langsung atau dapat juga dengan alat pompa ASI.

3. Konsultasi ke dokter

Jika penyumbatan dan pembengkakan masih terjadi selama jangka waktu 8 - 12 jam. Lebih baik untuk melakukan konsultasi dan pengobatan kepada dokter sesegera mungkin. Biasanya dokter akan meresepkan obat yang tepat untuk Bunda, seperti Ibuprofen, Paracetamol, dan antibiotik.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan penanganan tentang payudara bengkak saat menyusui yang wajib Bunda ketahui. Agar terasa lebih ringan, Bunda juga bisa memberitahukan kepada para support system di rumah (suami, Ibu, Adik, Kakak) untuk membantu pemijatan payudara bengkak.

Jangan kaget juga ya, Bun jika saat pembengkakan ini akan dibarengi dengan demam dan menggigil. Hal ini masih normal karena memang efek samping dari adanya pembengkakan di tubuh Bunda. (PK)


Simak juga video berikut mengenai cara meredakan payudara bengkak dengan menggunakan kubis.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!