sign up SIGN UP search


menyusui

3 Obat Alami untuk Atasi Mastitis yang Menyakitkan Bagi Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia Senin, 07 Dec 2020 07:40 WIB
Confident female pediatrician examines a newborn baby. The baby's mother is holding her. The doctor is touching the baby's head. Baby bottles and a doctor's bag are on a table. caption
Jakarta -

Masalah menyusui sering menjadi kendala ibu memberikan ASI pada buah hatinya. Salah satu masalah yang sering muncul adalah mastitis, Bunda.

Mastitis dikenal sebagai infeksi payudara. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan hingga pembengkakan di payudara ibu menyusui.

"Mastitis adalah masalah umum menyusui. Ini memengaruhi hingga 20 persen ibu menyusui dan umumnya terjadi dalam enam minggu pertama setelah melahirkan," kata perawat anak bersertifikat, Donna Murray, RN, BSN, dilansir Very Well Family.


Mastitis bisa disebabkan bakteri atau mikroorganisme yang masuk ke tubuh ibu. Bakteri ini bisa membuat puting pecah-pecah hingga akhirnya menyebabkan infeksi.

Dokter biasanya memberikan antibiotik untuk mengatasi mastitis. Pengobatan ini aman dan sudah menyesuaikan kondisi ibu yang menyusui, Bunda.

"Dengan perawatan yang cepat, ibu akan mulai merasa lebih baik dalam waktu 48 jam," ujar Murray.

Selain obat, Bunda bisa mengatasi mastitis dengan bahan alami lho. Beberapa pengobatan alami dipercaya bisa meringankan sakit dan peradangan di payudara karena mastitis.

Mengutip Healthline, berikut 3 obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi mastitis pada ibu menyusui:

1. Daun kol

Daun kol diklaim bisa mengatasi mastitis dan payudara bengkak pada ibu menyusui. Senyawa yang terkandung dalam daun kol memiliki efek antiinflamasi jika diaplikasikan ke payudara.

"Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kol dingin sama efektifnya dengan kompres hangat yang digunakan untuk mengatasi pembengkakan payudara," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D.

Berikut cara sederhana mengatasi mastitis dengan daun kol:

- Bersihkan daun kol dan dinginkan di kulkas.
- Potonglah daun menyesuaikan ukuran payudara.
- Tutupi seluruh payudara dengan daun kol, kecuali bagian puting. Bunda juga bisa memasukkan daun kol ke dalam bra yang longgar.
- Buang daun kol setelah 20 menit atau terasa hangat.
- Cuci payudara dengan air bersih dan keringkan perlahan.

Perawatan mastitis dengan daun kol bisa dilakukan tiga kali sehari dengan durasi 20 menit. Daun kol hanya bisa digunakan untuk satu kali pakai ya.

Klik NEXT untuk tahu dua obat alami lainnya.

Banner Alat KontrasepsiBanner Alat Kontrasepsi/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Obat Alami untuk Atasi Mastitis
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!