sign up SIGN UP search

menyusui

Ini Dia 5 Makanan Pelancar ASI, Bisa Diolah Jadi Beragam Sajian Lezat Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 18 Oct 2022 12:20 WIB
Ilustrasi wanita diet atau makan caption
Jakarta -

Makanan pelancar ASI menjadi asupan penting bagi para ibu menyusui di mana pun. Apalagi, aliran ASI bisa saja menjadi tidak stabil karena berbagai faktor. Sehingga, mengonsumsi makanan pelancar ASI diharapkan menjadi penolong agar ASI tetap lancar.

Sebagai orang tua baru, mengurus bayi mungkin menjadi pengalaman baru yang menantang. Berbagai pelajaran baru pun diperlukan demi kesehatan ibu dan bayi selama menyusui. Termasuk bagaimana mengetahui cara melancarkan ASI dengan makanan bergizi.

"Penting bagi ibu menyusui untuk menjaga diri mereka sendiri dengan makan makanan bergizi, tetap terhidrasi, dan istirahat jika memungkinkan sehingga mereka dapat memiliki lebih banyak energi dan tetap sehat," ujar Michlelle Ross, RD, LD, ALC, seorang ahli diet di Nationwide Children Hospital, seperti dikutip Womansday.


Makanan pelancar ASI

Selain memberikan energi yang cukup pada busui, makanan bergizi serta makanan pelancar ASI juga membantu busui tetap lancar menyusui. Apalagi, di awal menyusui banyak busui yang bermasalah dengan aliran ASI-nya. Sehingga, butuh booster tertentu termasuk makanan pelancar ASI agar ASI kembali lancar.

Untuk meningkatkan produksi susu, lakukan diet lengkap yang kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, protein, dan lemak sehat. Makanan sehat yang tertelan ditularkan langsung dari ibu ke bayi yang disusui.

Makanan pelancar ASI yang direkomendasikan di antaranya berikut ini ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Livelytable:

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan penambah susu umum yang mudah digunakan, murah, dan sangat bergizi. Banyak busui yang merasakan efeknya pada produksi ASI setelah mengonsumsi oatmeal.

  • Biji-bijian utuh

Meskipun tidak direkomendasikan secara umum seperti gandum, biji-bijian utuh lainnya seperti beras merah atau barley juga bermanfaat untuk suplai ASI. Sangat penting juga untuk makan cukup karbohidrat saat menyusui untuk mendukung pasokan ASI yang sehat.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 makanan pelancar ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN PELANCAR ASI, BYE BYE ASI SERET!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!